Kembali Raih Predikat Sangat Bagus

579
TERLIBAT LANGSUNG: Komisaris Utama BPR Arto Moro, Dr Subyakto SH, MH, MM saat membriefing jajaran manajer dan karyawannya di ruang kerjanya, baru-baru ini. (ISKANDAR/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TERLIBAT LANGSUNG: Komisaris Utama BPR Arto Moro, Dr Subyakto SH, MH, MM saat membriefing jajaran manajer dan karyawannya di ruang kerjanya, baru-baru ini. (ISKANDAR/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG—Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Arto Moro Semarang kembali meraih rating BPR Terbaik 2018 versi majalah Infobank berdasarkan rilis yang terbit pada edisi No. 480 Juli 2018. Rating BPR Terbaik 2018, berdasarkan kinerja per Desember 2016-2017.

BPR yang berhasil masuk dalam rating kali ini dan mendapat “Predikat Sangat Bagus” berjumlah  481 BPR se-Indonesia.

Dikutip dari Infobank, dasar penilaian “Sangat Bagus” meliputi kriteria permodalan, kualitas aset, rentabilitas, likuiditas, dan efisiensi berdasarkan laporan keuangan BPR  tahun buku 2016 dan 2017 yang diunduh dari website resmi OJK.

Dalam hal ini, 481 BPR tersebut dikelompokkan dalam 6 kategori. Yaitu, BPR dengan Aset 25 s/d <50 miliar, 50 s/d <100 miliar, 100 s/d <250 miliar, 250 s/d <500 miliar, 500 s/d <1 triliun, dan aset diatas 1 triliun.

Untuk kategori BPR dengan aset 100 s/d di bawah 250 miliar, BPR Arto Moro Semarang berada di urutan 49 dari 95 BPR di seluruh Indonesia. Sementara untuk wilayah Kota Semarang, hanya ada 2 BPR pada kategori ini yang mendapat predikat Sangat Bagus. Yaitu, BPR Arto Moro dan BPR BKK Kota Semarang.

Prestasi yang diraih oleh BPR Arto Moro,  disambut gembira  jajaran pengurus dan karyawan. Eka Andika Latif SE selaku direktur memberikan apresiasi kepada seluruh karyawan tanpa terkecuali atas kinerja keuangan tahun 2017 yang mendapat predikat sangat bagus dari Infobank.

“Tantangan ke depan akan semakin berat jika  kita tidak siap untuk bekerja dan bekerjasama sebagai tim (teamwork), baik di divisi bisnis maupun di divisi operasional,” kata Eka, mengingatkan.

Pada kesempatan yang sama, Dr. H. Subyakto, SH, MH, MM selaku komisaris utama sekaligus   pemegang saham pengendali PT BPR Arto Moro merasa bangga atas kinerja keuangan BPR-nya yang mendapat predikat Sangat Bagus oleh Infobank pada  2018. . Artinya, dua tahun berturut-turut BPR Arto Moro mendapat predikat tersebut.

Subyakto lebih bangga lagi, karena predikat “Sangat Bagus” diberikan oleh majalah Infobank yang kredibel dan menjadi referensi utama bagi para bankir, investor, praktisi, akademisi, serta pemerhati keuangan dan perbankan.

“Ini patut disyukuri dan diapresiasi karena BPR Arto Moro sekarang sudah berada di papan atas. Tapi yang lebih penting lagi adalah prestasi tersebut harus dipertahankan dan ditingkatkan agar pada tahun depan ranking kita tidak berada di tengah-tengah, tapi harus lebih baik lagi. Paling tidak berada di 10 besar” kata Subyakto,  optimistis.

Subyakto menambahkan,  kunci keberhasilan Arto Moro adalah SDM yang disiplin, berintegritas, teamwork yang solid, serta menerapkan strategi bisnis yang sesuai dengan visi perusahaan. “Tanpa itu semua mustahil bank bisa tumbuh dan berkembang.” (isk)