Kapolresta Ikut Menari di Lomba Tari Tradisional 

107
MENARI : Kapolres Magelang Kota,  AKBP Kristanto Yoga Darmawan ikut menari pada acara lomba tari tradisional Minggu (8/7) kemarin di depan mako polres setempat. (Humas Polres Magelang Kota for JP Radar Kedu)
MENARI : Kapolres Magelang Kota,  AKBP Kristanto Yoga Darmawan ikut menari pada acara lomba tari tradisional Minggu (8/7) kemarin di depan mako polres setempat. (Humas Polres Magelang Kota for JP Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Sebanyak 15 tim peserta meramaikan lomba tari tradisional yang digelar oleh Polres Magelang Kota, Minggu (8/7) kemarin. Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Darmawan  mengungkapkan lomba tari tradisional sengaja diadakan untuk meramaikan Hari Bhayangkara ke-72 tahun 2018. Untuk tari tradisional, menurut Kristanto, sengaja dipilih adalah tari topeng ireng.

Tari topeng ireng merupakan salah satu kesenian tradisional yang berkembang di Magelang yang juga dikenal sebagai tari dayakan. “Pada dasarnya tari topeng ireng merupkan metamorfosa dari kesenian kuno kubro siswo yang telah dimodifikasikan tanpa merubah gerakan aslinya. Sebagai warisan budaya kesenian tari topeng ireng perlu dijaga dan dilestarikan,” jelas Kristanto.

Lomba ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian Polres Magelang Kota dalam mendukung program pengembangan pariwisata di kota Magelang khususnya dalam bidang seni budaya. “Harapan kami dengan adanya lomba ini masyarakat akan lebih mengenal dan mencintai tari topeng ireng,” tandas Kristanto yang ikut menari bersama peserta.

Kasubag Humas Polres Magelang Kota AKP Nur Saja’ah,  menyebutkan lomba tari topeng ireng diikuti sebanyak 15 kelompok kesenian topeng ireng dari Kota Magelang. Lomba ini,  menurut Nur,  memperebutkan hadiah jutaan rupiah. Selain itu, Nur menyebutkan,  para pejabat utama Polres Magelang Kota juga ikut tampil meramaikan lomba ini.

“Untuk pemenang juara 1 dengan nilai 652 adalah grup kesenian Singo Cahyo Manunggal, juara 2 dengan nilai 645 grup kesenian Singo Merto Budoyo, dan juara 3 dengan nilai 635 grup kesenian Sukma Abinaya,” tukas Nur. (had/lis)

Silakan beri komentar.