Perhatikan Empat Pilar, Rutin Cek Kadar Gula

Dr dr Tjokorda Gde Dalem Pemayun SpPD K-EMD, FINASIM

207

RADARSEMARANG.COM – Diabetes merupakan penyakit kronis, menyerang mereka yang memiliki faktor keturunan diabetes pada keluarganya. Meskipun demikian, orang yang tidak memiliki faktor keturunan pun bisa terserang penyakit ini karena gaya hidup yang tidak sehat. Seperti terlalu malas berolahraga serta makan secara sembarangan hingga menjadi gemuk. Lebih-lebih, dengan faktor keturunan ditambah gaya hidup tidak sehat akan mempercepat munculnya penyakit diabetes pada tubuh.

Ciri ciri orang yang terserang penyakit diabetes di antaranya banyak kencing, makan banyak namun pada orang tersebut tidak terlihat segar, bahkan justru menjadi kurus. Dengan ciri-ciri seperti itu, dan juga adanya riwayat keturunan diabetes, maka harus segera memeriksakan kadar gula darah. Baik dalam keadaan puasa atau makan.

Orang yang sudah terkena penyakit ini harus memperhatikan empat pilar. Pertama edukasi, penderita harus mendapatkan edukasi baik dari dokter maupun dengan membaca dan mendengar mengenai penyakit ini dan cara penanganannya. Meskipun demikian, penanganan harus dilakukan dengan arahan dokter. Kedua, adalah dengan merencanakan makan. Harus seimbang antara komponen karbohidrat, protein dan lemak. Sesuai kebutuhan kalori tubuh, komposisinya adalah 60 karbohidrat, 20 protein dan 20 lemak, dalam hitungan persen.

Ketiga adalah mengerjakan aktivitas olahraga. Tigapuluh menit dalam sehari dibagi 5 menit pemanasan, 5 menit pendinginan dan 20 menit olahraga inti. Itu dilakukan secara teratur setiap hari saat pagi. Pada olahraga inti tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang sangat kompetitif, seperti badminton atau lari maraton. Cukup jalan kaki, tetapi harus ada iramanya. Sementara itu, yang keempat adalah meminum obat atas petunjuk dan saran dari dokter.

Kepada masyarakat yang memiliki garis keturunan diabetes, bisa menjaga diri agar tidak gemuk. Dengan kata lain, harus menjaga pola makan dan komposisi makanan yang sehat serta sering berolahraga. Di samping itu, diperlukan pula komitmen untuk menghindari rokok. Dan yang terpenting adalah rutin melakukan pengecekan gula darah tiap tahun untuk mengetahui apakah sudah terkena diabetes atau belum. (*)