Peduli Terhadap Kaum Marjinal

361
Ceicilia Novita Prameswari (ISTIMEWA)
Ceicilia Novita Prameswari (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM – SEKALIPUN tergolong baru berkecimpung di dunia advokat, Ceicilia Novita Prameswari sudah memiliki kepedulian mendalam terhadap kaum marjinal yang tak memiliki akses di bidang hukum. Seperti pengemis, pemulung, buruh, petani, dan orang-orang berpenghasilan pas-pasan atau kekurangan.

“Kaum marjinal harus terus diperhatikan. Sedangkan dari sisi hukum harus terus didampingi agar memperoleh hak-hak yang setara di mata hukum,” kata gadis kelahiran Semarang, 28 November 1990 ini.

Karena itulah, Ceicilia Novita Prameswari yang akrab disapa Vita ini, sejak lulus dan disumpah melalui organisasi Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Semarang, langsung bergabung dengan ke Law Office Yosep Parera And Partners. Baginya, perjuang kaum marjinal dan tokoh kemanuasiaan paling tersohor adalah Mother Terresa dari Calcuta. “Melalui beliaulah, saya terinspirasi. Namun saya ingin menjadi pejuang kaum marjinal dari sisi pembelaan hukum,” kata gadis asal Randu Sari Spaen, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jumat (6/7) kemarin.

Alumnus Fakultas Hukum Untag Semarang ini menganggap, kaum miskin, kaum marjinal, dan orang-orang yang tidak diperhitungkan di masyarakat, karena masyarakat sendiri yang menciptakan. Karena itu, keberadaannya menjadi tanggung jawab bersama untuk mengangkat derajat mereka.

“Kita harus saling menghargai yang muda, menghormati yang tua, duduk sama rendah, berdiri sama tinggi. Saya juga akan selalu berjuang dari sisi hukum untuk para kaum marjinal,” kata gadis yang populer disapa Dj Queen Viee ini. (jks/ida)