DUKUNG JOKOWI : Puluhan perwakilan nelayan Tambaklorok saat mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi, Jumat (6/7). (Nur Chamim/Jawa Pos Radar Semarang)
DUKUNG JOKOWI : Puluhan perwakilan nelayan Tambaklorok saat mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi, Jumat (6/7). (Nur Chamim/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG— Puluhan perwakilan nelayan Tambaklorok deklarasi mendukung Joko Widodo menjadi presiden kembali periode 2019-2024.

Ketua Presidium Nasional Layar Jokowi, Sugeng Nugroho mengatakan,  dukungan tersebut diberikan karena Jokowi dianggap berpihak kepada nelayan tradisional.  Presiden Jokowi selalu berbicara tentang laut dan memihak kepada nelayan tradisional. “Presiden Jokowi itu membuat negara Indonesia menjadi poros maritim dunia,” katanya.

Selain itu Jokowi berupaya membenahi beberapa ketimpangan agrarian kelautan, dimana laut sebagai wilayah penangkapan ikan tradisional yang mencakup zona 4 mil sampai 12 mil itu penuh sesak.

“Berbagai alat tangkap berada di situ sehingga terjadi over kapasitas. Di situ Jokowi melakukan pembenahan kapal-kapal yang berbobot besar di atas 30 GT akan dikaji ulang. Itulah yang mendorong nelayan tradisional memilih lagi,” tambahnya.

Jokowi juga telah menata infrastruktur kelautan yang selama ini bertumpu di pulau Jawa, padahal pelimpahan ikan itu ada di Indonesia Timur. Itu artinya Jokowi juga melakukan pembenahan di Indonesia bagian Timur. “Presiden Jokowi telah menjalankan sila ke 5 Pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh Indonesia,” imbuhnya. (hid/zal)