IKON KOTA : Taman Tugu Muda bakal menjadi makin menarik dengan dancing fountain. (Nur Chamim/Jawa Pos Radar Semarang)
IKON KOTA : Taman Tugu Muda bakal menjadi makin menarik dengan dancing fountain. (Nur Chamim/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Taman Tugu Muda Semarang kembali dipercantik.  Ikon Kota Semarang yang berisikan perjuangan warga Semarang melawan penjajah tersebut akan dilengkapi dancing fountain atau air terjun menari.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang, Atik Nabila mengatakan untuk mempercantik Tugu Muda, pihaknya sudah megalokasikan dua paket pengerjaan yakni peningkatan taman dan perbaikan air mancur.

“Untuk peningkatan taman menelan anggaran Rp 200 juta, sementara pengerjaan air mancur dengan dancing fountain menelan biaya sebesar Rp 3,8 miliar,” katanya kemarin.

Pemasangan material dancing fountain di Tugu Muda sendiri sudah dilakukan sejak Mei lalu, sesuai kontrak kerja proyek tersebut bakal rampung pada 24 Agustus 2018. Secara kasat mata, pengerjaan air fisik air mancur memang tidak terlihat, namun menurut dia sedang dilakukan pemasangan mechanical electrical (ME). “Memang tidak kelihatan, fisiknya mungkin baru 20 persenan karena 80 persennya itu alatnya dan bulan ini rencananya sudah datang dan akan langsung dipasang,” ucapnya.

Terkait paket peningkatan taman, lanjut Atik, rencananya akan ditanam berbagai tamanan bunga, tidak ada penambahan pohon karena dikhawatirkan akan merusak estetika dan perwajahan dari Tugu Muda itu sendiri. “Peningkatannya hanya menambah tanaman perdu dan bunga hias agar nampak lebih cantik,” tuturnya.

Sementara itu, anggota komisi C DPRD Kota Semarang, Suharsono, mendukung langkah Pemerintah Kota Semarang dalam menata perwajahan kota. Namun dirinya berpesan agar simbol pejuangan masyarakat Semarang tersebut tetap dipertahankan keaslianya. “Simbolnya harus dipertahankan karena sebagai monumen, namun kalau dipercantik dengan air terjun menari kami mendukung,” ujarnya. (den/zal)