Selesaikan Pasar Kanjengan, Digelontor Rp 37 Miliar

151
DITERUSKAN: Pembangunan Pasar Kanjengan tahap II akan segera dilanjutkan dengan anggaran Rp 37 miliar. (Inzet) Bagian dalam Pasar Kanjengan lantai I. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DITERUSKAN: Pembangunan Pasar Kanjengan tahap II akan segera dilanjutkan dengan anggaran Rp 37 miliar. (Inzet) Bagian dalam Pasar Kanjengan lantai I. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Proyek pembangunan Pasar Kanjengan tahap II akan segera dilakukan. Kementerian Perdagangan telah menggelontorkan bantuan dana untuk kelanjutan pembangunan pasar tersebut sebesar Rp 37 miliar. Dana itu sebagai percepatan pembangunan pasar yang terletak di Kawasan Pasar Johar Lama ini.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto, mengatakan, jika belum lama ini, pihaknya mendapatkan kepastian terkait pemberian bantuan dana dari Kementerian Perdagangan untuk kelanjutan pembangunan Pasar Kanjengan senilai Rp 37 miliar.

“Bantuan itu akan dialokasikan untuk meneruskan pembangunan di lantai 3 dan 4 Pasar Kanjengan. Saat ini secara fisik Kanjengan sudah berdiri, tinggal melanjutkan pembangunan kios,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (5/7).

Meski telah mendapatkan kepastian, menurut Fajar, proses pembangunan harus menunggu proses lelang dari Kementerian Perdagangan. Pihaknya berharap lelang akan dilakukan dalam waktu dekat, sehingga secepatnya pembangunan Pasar Kanjengan bisa dilanjutkan.

“Saya harap September sudah lelang, jadi Oktober bisa diteruskan agar cepat selesai dan bisa digunakan pedagang,” tuturnya.

Sebelumnya, pada tahap I pembangunan Pasar Kanjengan, digelontorkan dana bantuan sebesar Rp 87 miliar tahun lalu. Dana tersebut dialokasikan untuk pembangunan fisik pasar berupa gedung dan penyelesaian di lantai 1 dengan 58 kios dan 2 ada 62 kios. “Bantuan dari kementerian tahap II ini, bisa menjadi bagian pecepatan pembangunan,” ucapnya.

Setelah selesai dibangun pada tahap II, lanjut Fajar, pihaknya akan memindahkan pedagang yang saat ini direlokasi ke Pasar Johar MAJT untuk segera ditempati. Perlu diketahui, Pasar Johar Semarang, terdiri atas beberapa pasar, yakni Pasar Johar Tengah, Pasar Johar Utara, Pasar Johar Selatan, Pasar Yaik Permai, Pasar Yaik Baru, dan Pasar Kanjengan. Pembangunan Pasar Johar Baru dilakukan secara menyeluruh, termasuk pengembalian alun-alun pasar di depan Masjid Agung Semarang atau lebih dikenal dengan nama Masjid Kauman Semarang. (den/aro)