KPU Kota Pekalongan Terbaik se Jateng 

252
BUKA - Diawasi Panwas, KPU Kota Pekalongan saat membuka kotak suara saat rekapitulasi tingkat KPU digelar, Kamis (5/7/2018). (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
BUKA - Diawasi Panwas, KPU Kota Pekalongan saat membuka kotak suara saat rekapitulasi tingkat KPU digelar, Kamis (5/7/2018). (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, PEKALONGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan tercatat menjadi yang terbaik dalam menyajikan hitung cepat dalam Pilgub Jawa Tengah, Kamis (5/7).

“Pilgub Jateng penuh dinamika berjalan dengan aman lancar damai. Banyak belajarnya ke depan, banyak juga capaian yang membanggakan dari KPU Pekalongan,” kata Ketua KPU Kota Pekalongan M Basir, saat rekapitulasi suara di kantor KPU Kota Pekalongan.

Dijelaskan, perekapan digelar berjenjang, dari tingkat kecamatan, dari tanggal  29-30 Juni oleh PPK. Yang menyenangkan partisipasi pemilih di Kota Batik naik, dari 48 persen menjadi  62  persen. Hal ini menunjukkan KPU Kota Pekalongan sangat serius, transparansi dan aksebilitas publik terbukti bagus.

“Yang membanggakan KPU Kota Pekalongan tercepat diJateng dan nomor 3 Indonesia dalam hal real count berdasarkan C1. Ini keberhasilan bersama KPU panwas, tim Kampanye, Parpol dan FKPD terkait,” ucapnya bangga.

Sementara hasil rekapitulasi hasil penghitungan suara pemiliah Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018, KPU Kabupaten Batang tercatat pemilih turun 12 persen dibandingkan Pilgub sebelumnya.

“Pada Pilgub kali ini, memang ada penurunan jumlah pemilih hingga 12 persen. Tingkat kehadiran pemilih di Kabupaten Batang mencapai 63 persen, sehingga mengalami penurunan 12 persen dari Pimilihan Bupati Batang yang mencapai 74,7 persen,” jelas Ketua KPU Kabupaten Batang Adhi Pranoto setelah usai Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Pilgub di Gedung Korpri.(han/zal)