Geluti Bisnis Konveksi

542
Febriana Ayu Kusuma Dewi (DOKUMEN PRIBADI)
Febriana Ayu Kusuma Dewi (DOKUMEN PRIBADI)

RADARSEMARANG.COM – PELUANG usaha di sektor konveksi dinilai oleh Febriana Ayu Kusuma Dewi cukup menjanjikan untuk digarap. Ia mengaku sudah 4 tahun menekuni usaha ini.

“Saat kuliah, banyak teman yang pesan kaos. Saya pikir ini dapat menjadi peluang bisnis. Terlebih, pakaian juga merupakan kebutuhan pokok, dan akan membeli berulang jika mereka puas dengan produk kami,”ujar pemilik UP Apparel ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Bersama seorang rekannya, ia mulai merintis bisnis konveksi. Di awal produksi masih sebatas t-shirt dengan target utama remaja usia sekolah dan mahasiswa. Pembelian pun masih dalam cakupan per satuan.

Perlahan usaha terus berkembang. Tak lagi hanya menyasar pasar anak-anak sekolah, tapi merambah ke perusahaan-perusahaan besar dan perkantoran. Pesanan pun tak lagi sebatas eceran, namun berkembang menjadi partai besar.

“Sekarang cukup banyak perusahaan yang pesan seragam ke kami. Selain itu, ada juga pakaian olahraga, seragam futsal, basket, seragam untuk study tour, baju jurusan sampai seragam untuk KKN (Kuliah Kerja Nyata),”kata perempuan yang akrab disapa Pepsinaga ini.

Cakupan pasar pun tak lagi kelas Semarang dan sekitarnya, tapi melebar hingga luar Pulau Jawa. Pencapaian ini, menurutnya, tak lepas dari upayanya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

“UP Apparel mulai banyak dikenal dari mulut ke mulut. Karena memang bagi saya, orang usaha itu selain kualitas produk, juga harus mengedepankan servis pada customer. Sehingga bila mereka senang, akan menyampaikan pada calon pelanggan yang lain,”ujarnya.(dna/aro)