Daftar Tunggu Sampai 21 Tahun

189
DAFTAR TUNGGU: Bupati Semarang Mundjirin saat melihat-lihat gedung baru Kemenag Kabupaten Semarang yang baru diresmikan. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DAFTAR TUNGGU: Bupati Semarang Mundjirin saat melihat-lihat gedung baru Kemenag Kabupaten Semarang yang baru diresmikan. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Daftar tunggu haji untuk masyarakat Kabupaten Semarang mencapai 21 tahun. Hal itu dikatakan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Semarang, Muhdi usai peresmian gedung Pelayanan Haji Satu Atap (PHSA) di Kemenag Kabupaten Semarang.

Meski begitu, diaukuinya, minat masyarakat di Kabupaten Semarang untuk mendaftarkan diri sebagai calon jemaah haji setiap tahun cenderung meningkat. “Jika hari ini bapak/ ibu dan hadirin sekalian mendaftar sebagai calon jamaah haji, Insyaallah baru akan berangkat pada musim haji tahun 2039 mendatang,” kata Muhdi.

Sementara itu dengan dibukanya gedung Pelayanan Haji Satu Atap (PHSA) di kantor Kemenag Kabupaten Semarang akan lebih mempermudah warga yang akan mendaftar sebagai calon jemaah haji.

Gedung tersebut rencannya akan digunakan sebagai tempat pendaftaran calon jemaah haji reguler. “Di gedung ini proses pendaftaran haji reguler menjadi lebih praktis dan cukup dilakukan hanya dengan sekali datang,” katanya.

Pemangkasan waktu pendaftaran tersebut juga diharapkan akan menjadi daya tarik warga untuk mendaftarkan diri sebagai calon jemaah haji. “Bahkan prosesnya bisa dilakukan hanya dalam hitungan menit,” tuturnya.

Calon jamaah pendaftar yang sebelumnya harus bolak-balik antara bank penerima setoran dan Kantor Kemenag sekarang sudah tidak. “Sekarang calon jamaah cukup datang sekali ke PHSA dengan membawa persyaratan dan akan langsung diproses,” ujarnya.

Di dalam gedung tersebut juga akan ditambah pelayanan bank penerima setoran penyelenggaraan ibadah haji. “Di PHSA ini sudah ada Bank Syariah Mandiri (BSM), CIMB Niaga, BRI Syariah serta BNI Syariah,” katanya.

Bupati Semarang Mundjirin yang menghadiri peresmian tersebut mengaku mengapresiasi upaya kantor Kemenag dalam perbaikan pelayanan. “Kebaradaan PHSA ini akan sangat membantu dan memudahkan warga Kabupaten Semarang yang akan berhaji,” kata Mundjirin.

Wilayah Kabupaten Semarang yang terdiri atas 19 Kecamatan cukup luas. Ada desa yang yang berjarak 50 hingga 60 kilometer dari pusat pemerintahan atau ibu kota Kabupaten Semarang di Ungaran. Jika pulang pergi berarti harus menempuh perjalanan ratusan kilometer. (ewb/bas)