Begal Alas Roban Batang Berhasil Dibekuk

872
DIPERIKSA : Kapolsek Gringsing AKP Sugianto bersama Kanit Rekrim Ipda Wakimin saat gelar perkara penangkapan  begal di Alas Roban dengan tersangka Rusto dan Abdul Khadik, Kamis (5/7). (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
DIPERIKSA : Kapolsek Gringsing AKP Sugianto bersama Kanit Rekrim Ipda Wakimin saat gelar perkara penangkapan  begal di Alas Roban dengan tersangka Rusto dan Abdul Khadik, Kamis (5/7). (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Jajaran Polsek Gringsing berhasil menangkap dua tersangka pelaku begal dan pemalakan terhadap pengguna jalan di wilayah Poncowati Alas Roban, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang.

Tersangka bernama Rusto,35, warga Desa Sentul Kecamatan Gringsing dan Abdul Khadik, 35, warga Desa Bulak Kecamatan Rowosari, Kendal.

Kedua tersangka berhasil dibekuk saat menjalankan aksinya memalak sopir truk milik PTPN IX setelah pihak kepolisian mengintai dan memancing tersangka selama tiga hari. Turut diamankan sebuah sepeda motor Yamaha Jupiter G-2927WC yang digunakan kedua tersangka dalam menjalankan aksinya.

Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga melalui Kapolsek Gringsing AKP Sugianto menjelaskan,  kronologi penangkapan ini berawal dari laporan pengguna jalan yang sering dipalak. “Berdasarkan laporan dan ciri-ciri tersangka kami melakukan koordinasi dan penyelidikan dengan mengumpankan truk milik PTPN IX,” jelasnya, saat ditemui di Mapolsek Gringsing, Kamis (5/7).

Tiga hari setelah mengintai akhirnya tersangka berhasil ditangkap oleh tiga anggota polisi, dibantu Kepala Satpam PTPN IX Untung Kuswara pada Selasa sore (3/7).

Dalam menjalankan aksinya tersangka menggunakan sepeda motor dan tindak kekerasan terhadap korban. Tersangka memepet mobil korban dan menghentikan kendaraan yang lewat kemudian masuk di sebelah sopir lalu meminta sejumlah uang.   Apabila tidak diberi tersangka tidak segan-segan memukul wajah korban.

“Menurut pengakuan tersangka, pemalakan ini adalah yang ketiga kalinya, sekali memalak minta Rp100 ribu. Tersangka Abdul Khadik sendiri adalah residivis curanmor yang sering keluar masuk penjara,” kata Kapolsek.

Tersangka akan dijerat pasal 368 dengan ancaman hukuman penjara selama sembilan tahun.

Kepala Satpam PTPN IX Untung Kuswara menceritakan, selama ini, para sopir sering dipalak, namun belum berani lapor.

“Kami awalnya sudah mencurigai para tersangka tapi kami belum punya bukti kuat pada awalnya,” jelasnya.

Setelah berkoordinasi dengan Polsek Gringsing, kemudian ditindaklanjuti, melakukan pengintaian di Jalan Ponciwati Alas Roban selama beberapa hari hingga bisa menangkap tangan para pelaku saat beraksi.(han-sct/zal)

Silakan beri komentar.