Usulkan Stasiun Batang Difungsikan

529
CEK KELAYAKAN : Kepala Dinas Perhubungan Murdiono berkoordinasi dengan Kepala Stasiun Batang Agus Susanto untuk melihat kelayakan Stasiun Pemberhentian. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
CEK KELAYAKAN : Kepala Dinas Perhubungan Murdiono berkoordinasi dengan Kepala Stasiun Batang Agus Susanto untuk melihat kelayakan Stasiun Pemberhentian. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Pemkab Batang berharap Stasiun Kereta Api (KA) Batang kembali difungsikan, menyusul berdirinya PLTU di Batang dan banyaknya investor yang mendirikan perusahaan. Selain itu juga  untuk mendukung tahun kunjungan wisata.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang Murdiono mengatakan, saat ini transportasi KA menjadi idola masyarakat di Indonesia. Karena KA merupakan jasa angkutan yang cepat, tepat waktu, bersih, rapi, dan lebih humanis.

“Saat ini banyak masyarakat yang lebih senang  menggunakan jasa angkutan kereta api. Yang disesalkan masyarakat Batang, walau punya stasiun, namun tidak ada  satu kereta api yang berhenti untuk menaikan atau pun menurunkan penumpang,” ucap Murdiono.

Terkait hal tersebut, Pemkab Batang sudah melayangkan surat usulan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai bentuk ikhtiar dan upaya. Namun belum mendapat jawaban, hanya menurut informasinya pihak Kemenhub masih akan melakukan survei.

“Kami juga akan minta data resmi penumpang Kabupaten Batang yang naik KA melalui Stasiun Pekalongan. Hal ini sebagai data dukung untuk mempercepat usulan kami ke Kementrian Perhubungan agar kereta api bisa berhenti di Stasiun Batang,” jelas Murdiono.

Upaya lain yang dilakukan dengan mendatangi Daop IV Semarang, meminta kejelasan dan informasi tentang usulan surat Stasiun Batang agar dapat diporesaikan kembali.

“Minggu depan akan kita lakukan koordinasi dengan datang ke Daop IV Semarang untuk meminta kejelasan surat usulan tersebut,” jelasnya.

Kalaupun memang nantinya harus ada persyaratan tertentu, Pemkab Batang siap memenuhi persyaratan tersebut. Karena melihat perkembangan Kabupaten Batang sangat membutuhkan sekali kereta yang berhenti di Stasiun Batang.

Kepala Stasiun Batang Agus Santoso mengatakan dari informasi yang didapat dalam waktu dekat, memang akan akan ada survei dari Daop IV Semarang, karena kemarin masih disibukkan dengan persiapan arus balik dan mudik sehingga belum bisa survei.

“Mungkin kemarin masih sibuk Lebaran dan arus mudik balik, mungkin lama waktu dekat survei akan dilakukan,” tandasnya. (han/zal)