Komda Lansia Bagikan Bantuan Paket Sembako

423

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Seratus warga lanjut usia kudang mampu Desa Duren Kecamatan Sumowono mendapat bantuan paket sembako dari Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kabupaten Semarang.

Sekretaris Komda Lansia Kabupaten Semarang Sri Sunariningsih Rismonowati mengatakan bantuan paket sembako kepada warga lansi kurang mampu itu merupakan bagian dari peringatan Hari Lansia Nasional tingkat Kabupaten Semarang tahun 2018.

“Paket sembako itu terdiri anatara lain beras, minyak goreng, gula dan kebutuhan pokok lainnya,” kata Rismonowati, Rabu (4/7).

Pada kesempatan tersebut sebanyak dua ratus paket bantuan sembako dibagikan di Desa Kalikurmo Bringin, Desa Duren, dan Desa Pucung Bancak. Adapun masing-masing sebanyak 50 paket. “Rencananya akan ada penambahan lagi dari Ketua Komda Lansia agar lebih banyak lagi warga lansia kurang mampu yang mendapatkan bantuan,” tuturnya.

Dikatakannya, Komda Lansia Kabupaten Semarang pada 2018 ini juga mengagendakan pelatihan bagi para warga lansia. Tujuannya agar mereka tetap bisa berkarya dan mengisi hidup dengan kegiatan yang bermanfaat.

“Pelatihan ketrampilan itu akan mensasar sedikitnya 200 warga lansia. Agar mereka memiliki kegiatan produktif yang memiliki nilai ekonomis dan berguna bagi masyarakat luas,” katanya.

Data Komda Lansia Kabupaten Semarang menyebutkan, saat ini ada sekitar 112 ribu warga lansia yang berusia 60 tahun ke atas. Sedangkan jumlah warga lansia berusia lebih dari 75 tahun sebanyak 29 ribu orang lebih.

Total jumlah warga pra lansia dan lansia mencapai 30 persen dari keseluruhan penduduk Kabupaten Semarang. Rismonowati menunjuk usia harapan hidup warga Kabupaten Semarang yang mencapai 71,1 tahun menjadi bukti bahwa para lansia telah sadar menjaga kesehatan hidup mereka.

Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha yang menyerahkan langsung bantuan tersebut mengimbau para warga lansia untuk terus berkarya dan mengisi hidup dengan kegiatan yang bermanfaat.

“Bantuan paket sembako ini bentuk kepedulian Pemkab Semarang melalui Komda Lansia untuk mendukung kehidupan para warga lansia agar lebih bermutu. Sekaligus mengajak agar tetap berkarya dan menjalani hidup dengan penuh semangat,” kata Ngesti. (ewb/bas)