Borobudur International Arts and Performance Festival

Targetkan Lebih dari 10.000 Pengunjung

478
Alamsyah (ISTIMEWA)
Alamsyah (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Atraksi lighting, pesta kembang api, serta tarian masal, dimeriahkan seniman Jawa Tengah, luar Jateng, dan mancanegara dalam pembukaan Borobudur International Arts and Performance Festival di kompleks Candi Borobudur yang dilaksanakan 6-8 Juli 2018 besok. Selain itu, 100 obor di area Lumbini juga akan meramaikan penyalaan lampu stupa Candi Borobudur.

Kepala Pemasaran Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng, Alamsyah‎ mengatakan bahwa pada hari pertama, akan hadir seniman dari Sanggar Kinara-Kinari, seniman Banyumas, dan pagelaran musik etnik. “Seniman dari mancanegara akan hadir Dora dari Hongaria dan Christian dari Costa Rica,” jelasnya.

Selama tiga hari pelaksanaan pagelaran seni internasional tersebut, ditargetkan lebih dari 10.000 wisatawan domestik dan mancanegara akan menyaksikan pertunjukan. Menurutnya, kegiatan ini akan menumbuhkan pertumbuhan ekonomi dan devisa negara di sektor pariwisata. “Kegiatan yang kini digelar setahun sekali akan menjadi salah satu kalender event wisata tingkat dunia,” tambah Alamsyah.

Prosesi pembukaan Borobudur International Arts and Performance Festival 2018 ini, digelar pukul 19.30 diawali arak-arakan di area panggung pertunjukan dengan diiringi penampilan Pesona Nusantara dan Sanggar Kinara-Kinari. Setelah itu, menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembacaan doa dan sambutan dari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, serta Menteri Pariwisata. Ditandai pula dengan pemukulan kentongan oleh Menteri Pariwisata.

Pada hari kedua, kegiatan dimulai sejak pukul 09.00 dengan kegiatan awal pameran wisata unggulan dari berbagai daerah. Pertunjukan seni diakhiri pada pukul 22.30 dengan menampilkan seniman dari Jateng dan luar Provinsi Jateng yang dilanjutkan oleh Estefania Pifano asal Venezuela. Hadir juga Dolly Nofer, seniman Padang Panjang, dan Juniro Sitongan, seniman Tapanuli, yang akan menunjukkan aksinya pada pegelaran hari kedua.

Di hari terahkir, Borobudur World Music menutup rangkaian festival seni budaya tersebut. Seniman dari Jateng membuka pegelaran pada hari terakhir yang dilanjutkan oleh sajian pertujukan dari dua seniman luar Provinsi Jateng. Sean Hayward musisi asal Amerika Serikat dan Agniezka Uzma musisi asal Polandia melanjutkan performance pagelaran di hari ketiga yang diteruskan tarian penutup oleh penari luar Provisi Jateng. (tya/bis/ida)