Pemda Kekurangan 30 Ribu Pegawai

139

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Pemprov tahun ini mengajukan penambahan PNS baik di tingkat Jateng maupun tingkat kabupaten/kota. Bahkan, pemerintah daerah setidaknya sudah mengusulkan sekitar 30 ribu pegawai. Sebab, daerah banyak yang kekurangan pegawai. Salah satu faktornya sudah banyak yang pensiun setiap tahunnya.

Meski begitu, performa dan kinerja baik di Jateng maupun kabupaten/kota masih tetap optimal. Pelayanan kepada masyarakat menjadi prioritas utama dan semua aktifitas dan pelayanan berjalan baik. “Tahun ini sudah mengajukan pegawai ke pemerintah pusat. Untuk daerah setidaknya membutuhkan 30 ribu pegawai. Untuk semua formasi yang ada,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah Arief Irwanto

Ia menambahkan, untuk Pemprov Jateng juga sudah mengusulkan sekitar 4.800 pegawai CPNS baru ke pemerintah pusat. Saat ini, yang mendesak adalah untuk tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan di Jateng. Ribuan PNS tersebut nantinya untuk mengisi kekurangan pegawai yang memasuki masa pensiun tahun ini. “Sebenarnya setiap tahun ada 5.000 PNS yang pensiun, tapi memang masih relatif bisa diatasi dengan optimalisasi kinerja,” tambahnya.

Arief mengaku masih belum mengetahui secara persis terkait dengan detail perekrutan PNS tahun ini.  Tetapi ia bersama pemerintah daerah sudah mengajukan formasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing daerah di Jateng. “Semua wewenang pusat, termasuk nanti perekrutannya menganut undang-undang, semua CPNS wajib mengikuti tes berbasis computer assisted test (CAT,” tambahnya. (fth/zal)