Diah Sunarsasi Dicopot dari Wakil Ketua

225

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – DPRD Kota Salatiga, Senin (2/7) ini dijadwalkan
melantik Wakil Ketua DPRD Salatiga.  Riawan Woro Endartiningrum yang sebelumnya berada di Komisi B akan menggantikan Diah Sunarsasi. Pergantian tersebut merupakan usulan dari DPP Partai Gerindra. Sementara Diah digeser menjadi anggota dewan biasa.

Sekretaris DPRD Kota Salatiga Sri Wityowati menjelaskan, pelantikan Wakil Ketua DPRD tersebut merupakan usulan internal Partai Gerindra yang telah mengajukan pada bulan April lalu yang kemudian diproses oleh sekretariatan. Usulan kepada Ketua DPRD kemudian diajukan kepada Wali Kota Salatiga dan Gubernur Jateng.

“Dan pada tanggal 25 Mei lalu Surat Keputusan ( SK) pergantian wakil ketua dari gubernur sudah turun,” ujar Sri Wityowati kepada wartawan, kemarin.

Dijelaskan, setelah dilantik, maka secara otomatis hak-hak sebagai wakil ketua dewan akan melekat.” Saya sudah konsultasi ke pusat, setelah dilantik hak-haknya melekat. Kasusnya beda dengan yang Kendal (yang meninggal). Kalau di Salatiga memang usulan pergantian dari partainya, sehingga setelah dilantik hak-haknya langsung melekat,” imbuhnya.

Sementara, Wakil DPC Gerindra Kota Salatiga Supriyadi Fatkhi menyatakan, usulan pergantian jabatan Wakil Ketua DPRD Salatiga merupakan usulan dari DPP Partai Gerindra yang ditujukan kepada Ketua DPRD Kota Salatiga Teddy Sulistio. Usulan tersebut juga sudah dirapatkan oleh Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kota Salatiga.

“Dalam surat keputusan DPP Partai Gerindra disebutkan bahwa DPP menunjuk Riawan Woro Endartiningrum sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Salatiga menggantikan Diah Sunarsasi,” ujarnya.

Supriyadi mengaku  tidak tahu persis alasan pergantian tersebut. Hal ini memang diprediksi bakal memanaskan suasana politik. Sebelumnya, Diah Sunarsasi merupakan Ketua DPC Gerindra Kota Salatiga sebelum kemudian digantikan Yuliyanto. Tidak berapa lama kemudian, Diah Sunarsasi diusulkan diganti dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD. Masih ditunggu, apakah Diah akan kembali maju sebagai caleg dari Gerindra mengingat suaminya, Miftahuddin kini telah menjabat sebagai Ketua Partai Demokrat Kota Salatiga. (sas/zal)