Petahana Tumbang

Perhitungan Sementara Pilbup Temanggung

381
SEMENTARA UNGGUL : HM Al Khadziq (kedua dari kanan) bersama istri melayani tamu-tamu yang berdatangan ke rumahnya di Greges Tembarak saat berlangsungnya pencoblosan. Berdasarkan perhitungan sementara formulir C1-Plano, Al Khadziq unggul dengan 58,21 persen. (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU)
SEMENTARA UNGGUL : HM Al Khadziq (kedua dari kanan) bersama istri melayani tamu-tamu yang berdatangan ke rumahnya di Greges Tembarak saat berlangsungnya pencoblosan. Berdasarkan perhitungan sementara formulir C1-Plano, Al Khadziq unggul dengan 58,21 persen. (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG—Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 3 HM Al Khadziq-Heri Ibnu Wibowo unggul dalam perhitungan suara sementara Pemilihan Bupati (Pilbup) Temanggung 2018. Sampai Rabu (27/8) pukul 18.00 WIB, jumlah rekapitulasi formulir C1-Plano yang telah masuk ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Temanggung ada 913 TPS dari total 1.801 TPS di seluruh Temanggung. Total suara yang telah masuk ada 254.085 suara, terdiri dari 237.608 suara sah dan 16.477 suara tidak sah.

Dari perhitungan suara sementara C1-Plano yang telah masuk, pasangan HM Al Khadziq-Heri Ibnu Wibowo telah mengumpulkan 138.324 suara atau 58,21 persen. Sementara pasangan nomor urut 1 Bambang Sukarno-Matoha mendapat 69.714 suara (29,34 persen) dan pasangan nomor urut 2 Hari Dewandono-Irawan Prasetyadi mendapat 29.570 suara (12,44 persen). Bambang Sukarno merupakan petahana Bupati Temanggung dan Irawan Prasetyadi petahana Wakil Bupati.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung Sujatmiko menjelaskan, rekapitulasi formulir C1-Plano berdasarkan unggahan masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) ke KPU Temanggung. Real count C1-Plano akan dihentikan bila surat suara yang masuk sudah mencapai 80 persen dari 1.801 TPS yang ada.

“Setelah penghitungan surat suara  yang ada di tingkat masing-masing PPS, selanjutnya akan dilanjutkan dengan penghitungan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), mulai 29 Juni hingga 2 Juli mendatang,” katanya. Sujatmiko menambahkan, setelah penghitungan surat suara di PPK berakhir, kemudian dilanjutkan penghitungan di tingkat KPU yang direncanakan akan dilakukan  pada 4 Juli mendatang.

Penghitungan suara melalui rekap C1- Plano ini ditayangkan melalui dua layar lebar di halaman depan Kantor KPU Temanggung. Sujatmiko menjelaskan, hal ini bertujuan memberikan informasi seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin mengetahui hasil penghitungan suara Pilkada Temanggung secara cepat. “Ini merupakan salah satu untuk pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengetahui hasil penghitungan suara pilkada,” katanya.

Sementara itu, Cabup Bambang Sukarno menang telak di TPS 3 Kertosari Kecamatan Temanggung tempat ia mencoblos. Ia mendapatkan 187 suara, mengalahkan Haryo yang mendapat 29 suara dan Al Khadziq dengan 30 suara. Ada 8 suara tidak sah di TPS ini. Dalam coblosan kemarin, Bambang menggunakan mobil pribadi bersama istri, putra dan putrinya tiba di TPS sekitar pukul 09.34 WIB. Bambang megenakan kostum batik tembakau warna merah yang menjadi andalannya. “Insya Allah atas izin Allah, masyarakat Temanggung akan mempercayakan saya untuk memimpin Temanggung kembali. Saya berharap, pesta demokrasi ini sukses, aman terkendali. Menghasilkan pemimpin terbaik,” ucap Bambang.

Bambang juga menang di TPS I Walitelon Selatan Temanggung, tempat Haryo Dewandono menggunakan hak pilihnya. Bambang mendapatkan 89 suara, Haryo 57 suara, Al Khadziq 27 suara dan ada 10 suara tidak sah. Saat akan memilih, Haryo datang ke TPS yang jaraknya 300 meter dari rumahnya dengan jalan kaki. Ia ditemani, istri, putra, menantu dan kakaknya. “Saya bersama keluarga telah menggunakan hak pilih. Saya berharap, semoga mendapat mendapat kemenangan,” ucapnya.

Sementara Al Khadziq, meski tidak mempunyai hak pilih, ia bersama istri memantau TPS TPS I Desa Greges Tembarak yang lokasinya dekat rumah peninggalan orang tuanya. Ternyata ia menang telak di kampung sendiri. Dalam rekap data KPPS tersebut, Bambang mendapat 15 suara, Haryo 10 suara dan Al Khadziq meraih 187 suara. Sebanyak 22 suara dinyatakan tidak sah. “Saya hanya pantau TPS, habis itu kembali ke rumah menerima tamu-tamu yang datang.  Atas doa keluarga, sahabat dan teman-teman, Insya Allah bisa menang,” ucapnya.  (san/ton)