Panitia Ber-jersey Sepakbola, Sediakan Meja Pingpong

Melihat TPS-TPS Bertema Khusus di Pilkada Temanggung 2018

365
DUKUNG ASIAN GAMES : Kapolres Temanggung AKBP Eko Prasetyo bermain pingpong di TPS 10 Kelurahan Sidorejo. (DOK HUMAS POLRES TEMANGGUNG)
DUKUNG ASIAN GAMES : Kapolres Temanggung AKBP Eko Prasetyo bermain pingpong di TPS 10 Kelurahan Sidorejo. (DOK HUMAS POLRES TEMANGGUNG)
SIAP TUGAS : Petugas KPPS TPS 1 Desa Balerejo berfoto bersama ala tim sepakbola sebelum bertugas. (IST)
SIAP TUGAS : Petugas KPPS TPS 1 Desa Balerejo berfoto bersama ala tim sepakbola sebelum bertugas. (IST)

RADARSEMARANG.COM – Pelaksanaan Pilkada serentak 2018 mendapat sambutan antusias dari masyarakat. Sejumlah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengambil tema khusus untuk menarik perhatian pemilih. Seperti apa?

Gelaran Piala Dunia yang berlangsung di Rusia menjadi salah satu sumber inspirasi tema tempat pemungutan suara (TPS). Seperti yang ada di TPS 1 Desa Balerejo Kecamatan Tlogomulyo, Temanggung. Ketujuh personel KPPS mengenakan kostum sepakbola peserta Piala Dunia 2018. Ada yang mengenakan jersey tim nasional Inggris, Portugal, Kroasia, Jerman, dan lainnya.

Ketua KPPS TPS 1 Desa Balerejo Andri Setiawan mengatakan, seluruh anggota KPPS berkostum peserta Piala Dunia. Ini merupakan wujud kecintaan pada piala dunia. “Di samping itu, dengan berkostum ini, bisa memberi semangat kepada Indonesia untuk ikut dalam pesta sepak bola dunia,” jelasnya, Rabu (27/6).

Tema Piala Dunia juga diambil KPPS TPS 10 Kelurahan Sidorejo dalam menghias lokasi coblosan. Tema kompetisi sepakbola 4 tahunan ini dipadukan dengan Asian Games yang tahun ini berlangsung di Indonesia. TPS 10 dihiasi dengan pernak-pernik piala dunia. Bahkan di ruang tunggu, disediakan berbagai peralatan olahraga seperti catur, tenis meja, bola basket dan lainnya.

“Biar warga tidak tegang dan untuk mendukung Indonesia sebagai penyelenggara Asian Games di Jakarta dan Palembang, TPS ini kita hias sedemikian rupa agar warga antusias menggunakan hak pilihnya,” kata Ketua KPPS TPS 10 Kelurahan Sidorejo Eko Marwanto.

TPS 10 kemarin juga dikunjungi Forkompimda Temanggung yang mengecek pelaksanaan Pilbup Temanggung yang bersamaan dengan Pilgub Jateng. Bahkan Kapolres Temanggung AKBP Eko Prasetyo menyempatkan bermain pingpong di tempat tersebut.

“Pagi ini kita mengunjungi 2 TPS unik yaitu di TPS 10 Kelurahan Sidorejo yang mengambil tema Asian Games dan Piala Dunia serta di SD 1 Sidorejo yang mengambil tema adat Jawa,” ujar Eko.

Sementara itu, TPS 4 Kelurahan Sidorejo yang bertempat di SD 1 Sidorejo tidak kalah uniknya. Petugas KPPS menggunakan pakaian Jawa beskap, lengkap dengan blangkon dan kerisnya. Tema adat Jawa ini diambil untuk nguri-uri budaya dalam melayani masyarakat yang menggunakan hak pilih. (lis/jpg/ton)