Padi Unggul di Internal, Tertinggal di KPU

286
PARA CABUP : Zaenal Arifin SIP bersama istri menunjukkan jari bertinta usai mencoblos di TPS 01 Desa Bawang (kiri). Sementara HM Zaenal Arifin dan istri mencoblos di Di TPS 1 Bojong Giyanti. (MUKHTAR LUTFI/RADAR KEDU)
PARA CABUP : Zaenal Arifin SIP bersama istri menunjukkan jari bertinta usai mencoblos di TPS 01 Desa Bawang (kiri). Sementara HM Zaenal Arifin dan istri mencoblos di Di TPS 1 Bojong Giyanti. (MUKHTAR LUTFI/RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID— Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP dan Edi Cahyana (Padi) mengklaim unggul dalam perhitungan sementara di internal. Pasangan yang diusung PDI Perjuangan, PKB, PPP, PAN dan Partai Demokrat  unggul dari lawannya, pasangan HM Zaenal Arifin SH dan Rohadi Pratoto (Zaroh) yang diusung Partai Gerindra, Partai Golkar dan PKS.

Berdasarkan hasil hitung cepat tim pemenangan Padi, pasangan jas hitam itu berhasil unggul 56 persen suara. Sementara Zaroh tercatat mengumpulan 44 persen suara. “Alhamdulilah dari hasil perhitungan real count yang kami lakukan, Padi berhasil menang,” kata Pengurus Sekretariat Bersama Padi, Mul Budi Santoso,  Rabu (27/6).

Calon Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP meminta masyarakat tetap tenang dan menerima apapun hasil Pilkada Kabupaten Magelang. Sambil menunggu keputusan tetap dari KPU, pihaknya berharap masyarakat tetap menjaga kerukunan dan persaudaraan. “Pilkada telah selesai dan saatnya kita kembali bergandengan tangan untuk memajukan Kabupaten Magelang,” harap dia.

Namun dalam real count formulir C1-Plano yang masuk ke data KPU Kabupaten Magelang pukul 19.00 WIB, untuk sementara Padi tertinggal dari Zaroh. Hanya saja, data yang masuk masih sangat kecil. Hanya 102 TPS dari 2.629 TPS di seluruh Kabupaten Magelang.

“Untuk pasangan nomor urut 1 yaitu Zaenal Arifin-Edi Cahyana mendapat 10.998 suara dengan  persentase sebesar 42,56 persen. Sedangkan untuk pasangan nomor urut 2 yaitu Zaenal Arifin-Rohadi meraih 14.846 suara dengan persentase 57,44 persen,” kata Komisioner KPU Kabupaten Magelang Dwi Endis Hindarmoko di sela-sela penghitungan.

Endis menuturkan, dengan penghitungan real count sementara ini, maka pasangan Zaroh unggul. Namun keunggulan ini belum dikatakan sebagai hasil akhir. “Karena memang, jumlah suara yang masuk belum semuanya dari TPS. Karena hanya berapa persen saja. Itupun juga baru dari TPS sekitar terdekat yaitu kecamatan Mungkid, Mertoyudan dan Borobudur saja, ” tutur Endis.

Sementara itu, Cabup Magelang berjaya di TPS masing-masing. Di TPS 01 Desa Bawang Kecamatan Pakis tempat Zaenal Arifin SIP mencoblos, ada 459 orang yang menggunakan hak pilihnya. Padi  mendapat 355 suara, Zaroh sebanyak 16, dan 14 suara tidak sah. Di TPS 1 Desa Bojong Giyanti Kecamatan Candimulyo, HM Zaenal Arifin juga menang.Dari hasil penghitungan suara, pasangan Zaroh unggul dengan 385 suara, sementara Padi hanya memperoleh 23 suara. Dari 429 pemilih yang hadir, suara tidak sah sebanyak 21 orang. (vie/had/ton)