Gegana Amankan Benda Diduga Granat

286
WASPADA: Anggota tim penjinak bom Gegana Brimob Polda Jateng saat mengevakuasi benda diduga granat di Tretep, Selasa (26/6) malam. (DOK PID Satbrimob Polda Jateng)
WASPADA: Anggota tim penjinak bom Gegana Brimob Polda Jateng saat mengevakuasi benda diduga granat di Tretep, Selasa (26/6) malam. (DOK PID Satbrimob Polda Jateng)

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG-Unit Taktis Gegana Satbrimob Polda Jateng mengamankan benda yang diduga granat di Kecamatan Tretep Kabupaten Temanggung, Selasa (26/6) malam. Laporan adanya barang diduga granat ini bertepatan dengan kehadiran 1 tim Detasemen Gegana Brimob Polda Jateng yang memperkuat Polres Temanggung untuk pengamanan Pilbup Temanggung dan Pilgub Jateng. Tim Gegana yang berkemampuan menghadapi perlawanan teror (wanteror) dan penjinak bom (jibom) ini dipimpin Iptu Miftahul Huda.

“Kami bergeser ke Temanggung guna memenuhi permintaan penebalan pasukan dalam rangka pengamanan tahapan pungut suara Pilkada Jawa Tengah 2018 di wilayah Kabupaten Temanggung. Kami berisikan personel dengan kemampuan wanteror dan penanganan pertama apabila terjadi suatu kejadian yang berhubungan dengan bahan peledak maupun bom,” tutur Huda.

Ketika sudah ada di wilayah Temanggung, Selasa (26/6) sekitar pukul 22.00 WIB, datang laporan dari seorang warga yang melihat sebuah benda mencurigakan di wilayah Kecamatan Tretep. Benda tersebut diduga sebuah granat.

Setelah mengadakan koordinasi, unit taktis bergerak ke lokasi. Sang operator jibom mengevakuasi benda tersebut dan membawanya ke Mapolres Temanggung guna dilaksanakan identifikasi lebih lanjut.

“Kami bersyukur, ketika kami melaksanakan tugas pengamanan Pilkada di sini, ada tugas lain yang memang merupakan domain kami. Kami bisa dengan segera menanganinya dengan baik. Semoga Polres Temanggung sebagai user kami merasa terbantu dengan adanya Unit Taktis Detasemen Gegana,” ucap Huda sesaat setelah penanganan benda yang diduga granat itu selesai. (jpg/ton)