NYOBLOS : Bupati Kendal, Mirna Annisa saat menggunakan hak suaranya di TPS 05 Kelurahan Pegulon, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
NYOBLOS : Bupati Kendal, Mirna Annisa saat menggunakan hak suaranya di TPS 05 Kelurahan Pegulon, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KENDAL—Pasangan calon gubernur (Cagub) Jateng nomor urut dua memperoleh suara lebih sedikit ketimbang pasangan cagub Ganjar Pranowo-Taj Yasin. Dari hasil hitung cepat yang dilakukan Pemkab Kendal, pasangan Ganjar-Yasin memperoleh kemenangan 60,08 persen. Sedangkan pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah memperoleh 39,92 persen.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan dari hasil hitung cepat yang dilakukan internal Pemkab Kendal, pasangan nomor urut satu lebih unggul. “Hasil hitung cepat ini bukan untuk acuan, karena hasil final semua nanti KPU yang menentukan,” katanya, kemarin (27/6).

Dikatakannya, jika dari 1.795 TPS di Kendal, pasangan Ganjar-Yasin lebih unggul ketimbang pasangan Sudriman-Ida. Sementara hasil pantuan koran ini di beberapa TPS, pasangan Ganjar-Yasin hampir unggul di semua TPS. Seperti di TPS 05 Desa Kuthoarjo, Kecamatan Kaliwungu yang merupakan basis dari warga NU yang mayoritas menggunakan hak suaranya untuk pasangan nomor urut dua. TPS tersebut merupakan TPS Ketua Dewan Syuro PKB, KH Dimyati Rais, tapi mayoritas memilih pasangan Ganjar-Yasin ketimbang Sudriman-Ida. Dengan kemenangan 54,5 persen untuk Ganjar Yasin.

“Dari total suara yang masuk 393, pasangan nomor urut satu memperoleh 214 suara sah. Sedangkan pasangan nomor urut dua 163 suara sah. Sisanya suara tidak sah ada sebanyak 16 kertas,” kata Ketua KPPS TPS 05 Desa Kuthoarjo, Muhammad Munif.

Kemenangan serupa juga terjadi di TPS 02 Kelurahan Pegulon, Kecamatan Kota Kendal. Di TPS tempat Bupati Kendal, Mirna Annisa, pasangan nomor urut satu memperoleh kemenangan tipis. Yakni dari 228 surat suara yang masuk, Ganjar-Yasin dan Sudirman Ida masing-masing memperlah 112 dan 105 suara sah. Sedangkan 11 kertas surat suara lainnya dinyatakan suara tidak sah.

Bupati Mirna di sela melakukan pencoblosan mengatakan, siapapun yang menang berarti dialah pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng pilihan rakyat Jateng. “Semua calon memiliki kualitas, baik paslon nomor urut satu maupun dua, semua memiliki kelebihan. Yang penting gunakan hak suara,” tuturnya.

Bupati Mirna berharap, siapapun yang terpilih sebagai gubernur nantinya bisa amanah dan bekerja benar-benar untuk rakyat Kendal. “Siapapun gubernurnya bisa bekerja, bisa membangun Jateng, bisa lebih maju lagi,” tambahnya.

Kemenangan Ganjar Yasin juga terjadi di TPS 05 Desa Pegulon. TPS yang terletak di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kendal yang diperuntukkan bagi warga penghuni lapas Ganjar-Yasin memperoleh 81 suara sah dan 43 suara sah untuk pasangan Sudirman-Ida. (bud/ida)