RADARSEMARANG.COMMAGELANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengimbau kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) agar mendaftarkan calon bayi sejak di dalam kandungan. Sehingga pada saat bayi tersebut lahir, kepesertaan langsung aktif setelah melakukan pembayaran iuran pertama.

“Kalau didaftarkan saat bayi tersebut sudah lahir, harus menunggu aktivasi kartu selama 14 hari,” kata Kabid Perluasan Peserta dan Kepatuhan, BPJS Kesehatan Cabang Magelang, Nugroho Teguh mewakili Kepala BPJS Kesehatan Cabang Magelang, Dyah Miryanti, saat dihubungi, kemarin.

Dengan terdaftar sebelum lahir, segala perawatan intensif untuk bayi akan dijamin oleh BPJS Kesehatan. Nugroho menambahkan, pendaftaran bayi dalam kandungan hanya bisa dilakukan sejak terdeteksi adanya denyut jantung pada bayi, yang dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan dokter atau bidan jejaring yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Pendaftaran bayi yang akan dilahirkan selambat-lambatnya 14 hari sebelum dilahirkan, atau jauh sebelum hari perkiraan lahir (HPL),” imbuhnya.

Dia menjelaskan lebih jauh, bahwa pendaftaran calon bayi hanya berlaku bagi peserta segmen pekerja bukan penerima upah (PBPU), bukan pekerja (BP) dan khusus untuk peserta pekerja penerima upah (PPU) belaku untuk anak ke empat dan seterusnya. (put/lis)