Semua Cabup Temanggung Optimistis Menang

Bambang Cek TPS, Haryo Terima Tamu, Khadziq Khataman

329
CEK TPS : Ketua KPU Temanggung Sujatmiko bersama Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo saat meninjau TPS di Kelurahan Kertosari, Selasa (26/6). (Ahsan fauzi/radar kedu)
CEK TPS : Ketua KPU Temanggung Sujatmiko bersama Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo saat meninjau TPS di Kelurahan Kertosari, Selasa (26/6). (Ahsan fauzi/radar kedu)

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Sehari menjelang pemungutan suara, beragam cara dilakukan calon Bupati Temanggung peserta Pilkada Temanggung 2018. Cabup nomor urut 1 Bambang Sukarno memanfaatkan waktu dengan memantau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS), Cabup nomor 2 Haryo Dewandono melayani tamu-tamu yang datang ke rumah, sementara Cabup nomor 3 HM Al Hadziq memilih menggelar khataman Alquran di rumah.

Bambang Sukarno menuturkan, kemarin memantau TPS-TPS terdekat untuk melihat dan memastikan kesiapan penyelenggara pemilu. Hari ini sekitar pukul 08.00 WIB, ia dan keluarga akan mencoblos di TPS 3 Kertosari yang berada di halaman SMP Negeri 1 Temanggung. “Saya optimistis menang. Penting berdoa, tawakal pada Allah SWT. Hasil kita serahkan Yang Di Atas,” ungkapnya.

Haryo Dewandono menuturkan, di hari H-1 coblosan ini, ia tidak ke mana-mana dan tidak ada acara khusus. “Saya hanya di rumah saja, menerima tamu-tamu yang datang seraya berdoa,” ucapnya. Haryo juga yakin bisa menang dengan target perolehan 40 persen suara. “Besok pagi (hari ini, red), saya bersama keluarga akan mencoblos di TPS 1 Walitelon Selatan pada pukul 09.00,” terangnya.

Sementara HM Al Khadziq tidak mencoblos. Sebab itu tercatat sebagai penduduk Tangerang sehingga tidak mempunyai hak pilih di Pilbup Temanggung maupun Pilgub Jateng. Untuk menyambut coblosan, kemarin menggelar khataman Alquran di rumah dengan menghadirkan 20 santri. Khadziq juga mengaku optimistis bisa unggul dengan 53 persen suara. “Kalau menang, itu yang kita harapkan. Kalaupun kalah, saya berharap program yang saya tawarkan bisa dipakai bupati terpilih,” harapnya.

Komisioner KPU Temanggung Divisi Perencanaan dan Data Agus Istanto menjelaskan, ketiga cawabup Temanggung akan menggunakan hak pilihnya di TPS dekat rumah masing-masing.

Matoha di TPS 3 Tegalrejo Bulu, Irawan Prasetyadi di TPS 10 Temanggung II dan Heri Ibnu Wibowo di TPS 6 Candimulyo, Dusun Pakisan.

Terpisah, Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo menjelaskan, sekitar 1.000 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Linmas, Senkom mitra Polri dan Orari Rapi akan mengamankan coblosan Pilbup Temanggung dan Pilgub Jateng. Ia mengingatkan kepada anggotanya untuk menjaga netralitas. Sanksi tegas akan dijatuhkan kepada anggoya Polri yang terbukti tidak netral.

“Jaga netralitas pada Pilkada, dan ciptakan situasi yang kondusif agar masyarakat merasa aman tanpa ada intimidasi pada saat pemilihan,” katanya.

Sebanyak 100 personel Satbrimobda Jawa Tengah, Selasa (26/6), tiba di Polres Temanggung untuk mem-back up pengamanan Pilkada. Mereka terdiri dari 60 personel Detasemen A Pelopor, 35 personel Detasemen C Pelopor, dan 5 personel Jibom Gegana. Sebagian pasukan BKO Brimob ini akan ditempatkan di masing-masing kecamatan. “Tujuannya untuk memperkuat pengamanan Pilkada khususnya di wilayah kecamatan penempatan mereka,” ujar Kabagops Polres Temanggung Kompol Edi Suprapto. (san/ton)