PERSIAPAN TPS : Serah terima kotak suara dan persiapan dan penataan TPS di Lapas Kedungpane Semarang. (JOKO SUSANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PERSIAPAN TPS : Serah terima kotak suara dan persiapan dan penataan TPS di Lapas Kedungpane Semarang. (JOKO SUSANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Tempat pemungutan suara (TPS) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Kedungpane, Semarang, telah ditata menyambut pencoblosan hari Rabu (27/6) guna menentukan calon pemimpin Jateng lima tahun mendatang. Ada tiga TPS, yakni TPS 07, TPS 08, dan TPS 09 Kelurahan Wates, Kecamatan Ngaliyan dengan 721 warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Kepala Lapas Semarang, Dadi Mulyadi menyebutkan bahwa tiga TPS disiapkan di aula lapas dengan tujuan memberikan kenyamanan bagi calon pemilih. Namun demikian di luar aula lapas, akan dipasang tratak. “Selama proses pencoblosan berlangsung akan dibantu pengamanan dari TNI dan Polri,” kata Dadi Mulyadi di sela-sela penataan TPS, Selasa (26/6).

Terkait pemilihan, pihaknya sudah mengimbau seluruh pemilih yang telah terdata dalam DPT untuk memberikan hak suaranya demi menyukseskan perhelatan Pilkada Jateng. “Satu suara akan menentukan terpilihnya calon pemimpin di Jateng. Kami imbau agar memilih pemimpin sesuai hati nurani,” sebutnya.

Staf Binkemas Lapas Semarang, Fajar Sodiq menambahkan bahwa masing-masing TPS ada tujuh anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Ia mengatakan, untuk kesiapan Pilkada Jateng, KPPS telah menata lokasi yang akan digunakan pencoblosan. “Meja dan kursi sudah mulai ditata untuk kesiapan pemilihan tersebut. Pada intinya, kami menyambut baik Pilkada ini,” imbuhnya. (jks/ida)