DIPINDAHKAN : Puluhan napi narkoba asal Lapas Pekalongan yang dititipkan di Rutan Rowobelang Batang, resmi dipindahkan ke Lapas Besi Nusambangan, Senin (25/6/2018). (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
DIPINDAHKAN : Puluhan napi narkoba asal Lapas Pekalongan yang dititipkan di Rutan Rowobelang Batang, resmi dipindahkan ke Lapas Besi Nusambangan, Senin (25/6/2018). (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Setelah sekian lama dititipkan di Rumah Tahanan (Rutan) Rowobelang, Batang, sebanyak 61 napi titipan dari Lapas Kelas IIA Pekalongan resmi dipindahkan ke Lapas Besi Lapas Nusakambangan, Cilacap, pada Senin (25/6) siang.

Pemindahan tersebut merupakan kelanjutan dari proses evakuasi pasca bencana rob besar beberapa waktu lalu hingga menyebabkan Lapas kelas IIA Pekalongan terendam hingga menyebabkan tembok ambruk sepanjang 40 meter.

Para napi diangkut dengan bus, satu ukuran sedang untuk 15 orang dan sisanya di bus ukuran besar, disertai perbekalan dan logistik lengkap. Selain itu juga dikawal anggota Brimob dengan persenjataan lengkap.

“Atas perintah Kakanwil Kemenhumham Jateng, sebagian napi yang dititipkan di sini hari ini kami pindahkan ke Lapas Besi Nusakambangan,” ucap Kepala Rutan Rowobelang, Ilham Agung.

Sebelumnya, pemindahan yang sama juga dilakukan oleh Lapas Kelas IIA Pekalongan ke Lapas Semarang, Kendal dan Batang. Dia juga menjelaskan, sebagian napi yang dikirim ke Nusakambangan merupakan pelaku  penyalahgunaan narkoba yang sedang menjalani hukuman di atas 10 tahun.

Dari kapasitas tampung Rutan Rowobelang sebanyak 217 orang, kini melonjak menjadi menjadi 362 orang, setelah mendapatkan titipan dari Lapas Kelas IIA Pekalongan. “Hari ini (kemarin) setelah 61 napi kita pindahkan, kini tersisa 301 orang yang mana 84 orang diantaranya merupakan napi titipan yang sedang menjalani sisa hukuman atau tinggal sebentar lagi bebas,” jelasnya.

Rencananya pemindahan napi ke Lapas Nusakambangan akan melalui jalur darat dengan pengawalan ketat dari Brimob Pekalongan sebanyak satu pleton ditambah belasan pengawalan dari pihak Rutan Rowobelang. “Sesuai jadwal yqng direncanakan, perjalanan dari Rutan Rowobelang ke Cilacap akan memakan waktu kurang lebih 5 jam selanjutnya pihak Lapas Nusakambangan yang akan meneruskan,” tandasnya. (han/zal)