Magelang Ikon Wisata Sunrise

Pesona Magelang

449
KEREN : Puntuk Mongkrong, salah satu spot sunrise di Kabupaten Magelang yang bisa memberikan pilihan wisata sunrise dengan panorama eksklusif. (Istimewa)
KEREN : Puntuk Mongkrong, salah satu spot sunrise di Kabupaten Magelang yang bisa memberikan pilihan wisata sunrise dengan panorama eksklusif. (Istimewa)

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID – Kabupaten Magelang menjadi salah satu surga bagi penikmat panorama sunrise. Potensi ini didukung letak geografis yang dikitari deretan pegunungan dan perbukitan yang belum tentu dimiliki daerah lain. Setiap hari, ribuan wisatawan memadati beberapa spot untuk menikmati eksotisme terbitnya matahari dari ufuk timur.

Belakangan ini, spot bagi penikmat alam yang hanya dinikmati saat pagi hari terus berkembang. Para pegiat wisata berlomba melahirkan spot baru bagi wisatawan. Bahkan, rata-rata warga Magelang sendiri belum banyak yang tahu.

”Berpariwisata itu juga dituntut selalu inovatif namun tetap menjunjung budaya lokal agar wisatawan terkesan dan mau kembali lagi,” tutur Plh Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Edy Susanto, kemarin.

Edy mengungkapkan, Candi Borobudur menjadi destinasi wisata paling digemari wisatawan lokal dan mancanegara. Di balik kemegahan bangunan batuan kuno, Borobudur menyimpan keindahan pemandangan sunrise yang unik. Wisatawan dapat melihat terbangunnya matahari diantara Gunung Merapi dan Merbabu hingga sinarnya perlahan menyelinap diantara bebatuan stupa.

Selain Candi Borobudur, spot sunrise di kawasan Borobudur yang patut dikunjungi :

  • Punthuk Setumbu

Sangat direkomendasikan untuk dijamahi para pemburu fajar. Pemandangan sunrise berlatar siluet Candi Borobudur yang berselimut kabut diibaratkan lebih indah dari lukisan seorang maestro.

  • Bukit Barede

Berlokasi di Dusun Senderan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur. Wisatawan akan dimanjakan dengan spot- spot yang menarik untuk swafoto dan beberapa gazebo untuk menunggu datangnya mentari dari ufuk timur. Selain menikmati sunrise pengunjung dapat menikmati hamparan tanaman bunga yang berwarna-warni menambah kecantikan Bukit Barede.

  • Punthuk Sukmojoyo

Wisatawan bisa menikmati sunrise dari gardu bambu di atas pohon yang sangat instagramable. Berada di Dusun Krinjing, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, akses jalan yang sedikit sulit tidak mengurungkan wisatawan untuk menikmati jajaran pegunungan Menoreh dan gunung lain yang mengitari Magelang.

  • Punthuk Mongkrong

Berlokasi di Dusun Kamal, Desa Giri Tengah, Kecamatan Borobudur. Menawarkan satu spot ikonik dan instragramable jembatan bambu berbentuk V yang menjorok ke jurang.

  • Puthuk Gupaan/Bukit Kendil

Pengalaman berkunjung ke Magelang akan terasa lebih lengkap dan sangat berkesan setelah mengunjungi Punthuk Gupaan di Desa Giritengah. Punthuk dikenal juga dengan Bukit Kendil ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dengan Candi Borobudur terlihat indah di tengah hijaunya alam Magelang. Jika beruntung, akan terlihat 11 gunung mengelilingi Magelang. Tak hanya itu, usai menikmati sunrise pengunjung bisa mampir di Sanggar Seni ‘Saking Dene” milik Bapak Tijap yang dengan senang hati mengajari kebudayaan Jawa yaitu nabuh gamelan (alam musik tradisional Jawa).

  • Pereng Nduwet

Spot sunrise ini ini sungguh istimewa. Dari sini terlihat keindahan Candi Borobudur, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing serta Puncak Suroloyo. Keramahan, kesopanan dan kesantunan masyarakat sekitar Pereng Nduwet yang masih menjunjung tinggi adat istiadat leluhur menambah daya tarik tempat wisata ini. Tempat ini merupakan pereng atau lereng bukit dengan sebuah menara setinggi 10 meter sebagai tempat menikmati keindahan hadirnya sang fajar.

Selain di kawasan Borobudur, spot sunrise yang harus dicoba yaitu :

  • Gunung Andong

Keindahan sunrise dari Puncak Gunung Andong tak perlu diragukan lagi. Camping di puncak Gunung Andong jadi hal yang mengasyikkan. Betapa tidak? Ketika pagi tiba kita dapat menyaksikan keindahan matahari terbit dari ketinggan 1.726 mdpl yang pasti sangat indah dan menawan. Terdapat pula spot–spot foto dengan landscape alam yang menawan.

  • Bukit Telomoyo

Dengan ketinggian 1.894 mdpl, Gunung Telomoyo menawarkan pemandangan yang sangat indah, dari puncak Telomoyo kita bisa melihat deretan gunung tinggi lainnya seperti Lawu, Sumbing, Sindoro dan Prau. Tak hanya itu, kita juga dapat melihat luasnya danau Rawa Pening dan sudah terbayang kan indahnya sunise dari sini?

  • Gunung Gono

Bangunan panggung yang terbuat dari bambu semakin memperindah Bukit Gunung Gono yang terletak di Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun. Tempat wisata ini menyuguhkan keindahan sunrise Gunung Merapi serta hamparan sawah yang mampu menarik para pengunjung untuk datang dan dan berfoto ria untuk mengabadikan keindahan alam sekitar.

  • Gardu Pandang Mangli

Berada pada ketinggian 1.570 mdpl, Mangli menjadi spot meikmati sunrise yang sungguh menakjubkan. Berada di lereng Gunung Sumbing tepatnya Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Wisatawan akan melihat keindahan pancaran sinar sang fajar yang menebus kabut dengan diiringi kicauan burung. (adv)