Dana Kampanye Paslon Diaudit

211
TRANSPARANSI : Komisioner KPU Temanggung Yami Blumut (kedua dari kanan) menyerahkan LPPDK kepada KAP, disaksikan Panwaslu Kabupaten Temanggung. (Dok KPU Temanggung For Radar Kedu)
TRANSPARANSI : Komisioner KPU Temanggung Yami Blumut (kedua dari kanan) menyerahkan LPPDK kepada KAP, disaksikan Panwaslu Kabupaten Temanggung. (Dok KPU Temanggung For Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM,  TEMANGGUNG – Ketiga pasangan calon (paslon) peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung Pilkada 2018 telah menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung, Minggu (24/6) lalu.

Divisi Hukum dan Pengawasan Yami Blumut mengatakan, tim penghubung paslon nomor urut 3 HM Al Khadziq-Heri Ibnu Wibowo tiba di KPU pukul 15.15, kemudian disusul tim penghubung nomor urut 1 Bambang Sukarno-Matoha pada pukul 17.35 dan diakhiri oleh paslon nomor urut 2 Haryo Dewandono-Irawan Prasetyadi pada pukul 17.37 WIB.

“Penyerahan LPPDK paling lambat pada tanggal 24 Juni 2018 pukul 18.00. Alhamdulillah, sebelum pukul 18.00, semua tim penghubung paslon sudah tiba di Kantor KPU,” ucap Yami, Senin (25/6).

Sebagaimana aturan Pilkada, seluruh paslon peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung tahun 2018 wajib menyerahkan LPPDK paling lambat 1 hari setelah pelaksanaan jadwal kampanye berakhir. Kampanye telah berakhir pada 23 Juni 2018. “Apabila paslon tidak menyerahkan LPPDK pada tanggal 24 Juni ini, maka paslon yang bersangkutan dapat diberikan sanksi pembatalan paslon,” ungkapnya.

Yami menambahkan, berkas yang telah diterima, Senin (25/6) telah diserahkan ke Kantor Akuntan Publik (KAP) untuk dilakukan audit selama 15 hari, sejak tanggal 25 Juni-9 Juli 2018. Selanjutnya, KAP wajib menyerahkan hasil audit kepada KPU Kabupaten Temanggung pada 10 Juni 2018 mendatang.

“Kami (KPU Temanggung, red) menyampaikan terima kasih kepada seluruh paslon/tim kampanye yang telah berkomunikasi aktif dan menyerahkan seluruh tahapan pelaporan dana kampanye, sehingga sampai batas akhir penyerahan dapat dipenuhi seluruhnya,” jelasnya. (san/ton)