Bupati Salurkan Bantuan Korban Kebakaran

234
SERAHKAN BANTUAN: Bupati Kendal, Mirna Annisa memberikan bantuan kepada para korban kebakaran di Weleri, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SERAHKAN BANTUAN: Bupati Kendal, Mirna Annisa memberikan bantuan kepada para korban kebakaran di Weleri, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KENDAL – Bupati Kendal, Mirna Annisa memberikan bantuan bagi delapan kepala keluarga yang tertimpa bencana kebakaran pada malam takbiran atau malam sebelum perayaan Idul Fitri (14/6) lalu. Total bantuan yang diberikan sebesar Rp 27,2 juta.

Seperti diketahui, pada malam takbiran lalu sebanyak delapan rumah warga Dukuh Krikil, Desa Sumberagung, Kecamatan Weleri terbakar. Lima rumah diantaranya ludes terbakar tak bersisa. Sedangkan tiga lainnya terbakar sebagian.

Bupati Mirna memberikan bantuan kepada para korban yang terkena musibah tersebut. Bersama Baznas, Bupati Mirna menyerahkan bantuan berupa material bangunan senilai Rp 5 Juta untuk rumah yang habis terbakar ludes. Dan bantuan material senilai Rp 1,5 Juta untuk rumah yang terbakar sebagian.

“Sengaja kami berikan tidak dalam bentuk uang, tapi berupa material bangunan. Tujuannya agar korban yang terkena musibah bisa segera membangun rumahnya kembali,” ujar Mirna.

Bantuan yang diberikan menurutnya memang tidak seberapa, ketimbang rumah dan barang berharga milik para korban yang sudah terbakar habis. Namun ia berharap, bantuan tersebut bisa meringankan beban para korban kebakaran.

Ia mengimbau agar semua warga masyarakat untuk senantiasa berhati-hati jika berhubungan dengan arus listrik. Terutama untuk menyambung kabel atau lainnya. Sebab jika tidak sesuai standar, dapat dengan mudah mengelupas dan lepas. “Sehingga dapat memicu terjadinya korsleting yang menjadi penyebab kebakaran,” katanya.

Mirna menyarankan untuk menyerahkan masalah instalasi listrik kepada ahlinya. Sehingga ditangani sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Sehingga terjadinya korsleting arus pendek, bisa diminimalisir.

Kami juga sarankan untuk melakukan pengecekan secara berkala terhadap insatalasi listrik. “Bagaimanapun ini semua musibah dan kita tidak bisa mengindarinya. Kami berusaha untuk bisa membantu agar meringankan beban para korban,” lanjutnya.

Ketua Baznas Kabupaten kendal KH Ubaidilah menjelaskan bantuan diberikan untuk rumah yang terbakar habis adalah rumah milik Satini, 80, Sumini, 60, Kasri, 60 dan Sutarno, 58 masing-masing senilai Rp 5 Juta.

Sedangkan rumah terdampak diantaranya milik Wakhid, 36, Kebro Daryumi, 30 dan Sanuri, 38 masing-masing bantuan yang diberikan senilai Rp 1,5 Juta.  Selain bantuan materlail, juga bantuan peralatan pertukangan senilai Rp 2,7 juta.

“Total bantuan yang diberikan baznas Kendal sebesar Rp 27,2 Juta berupa material bangunan dan juga peralatan pertukangan. Harapannya semoga bermanfaat bagi masyarakat yang menjadi korban kebakaran,” ujar Ubaidilah.  (bud/bas)