RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Jumlah pengguna BRT Trans Semarang dari Bandara Baru Ahmad Yani melejit. Sebelumnya, di bandara lama, pengguna BRT koridor IV hanya berjumlah 20-30 orang setiap harinya. Kini di bandara baru dengan koridor V, BRT mampu melayani penumpang hingga 460 orang setiap harinya.

Kepala BLU BRT Ade Bhakti mengatakan, sejak dioperasionalkan 6 Juni lalu, jumlah penumpang hingga 21 Juni sudah mencapai 4.631 orang. ”Memang jumlah penumpangnya naik signifikan sejak dioperasionalkan berbarengan dengan pengoperasionalan bandara baru Ahmad Yani kemarin,” jelasnya.

Ia menilai, animo masyarakat meningkat karena biaya BRT lebih murah dibandingkan moda transportasi lainnya. Terlebih jam operasional juga diperpanjang hingga pukul 00.00 WIB. ”Sangat lumayan membuat masyarakat menggunakan kendaraan umum. Terutama dalam melayani penumpang dari bandara yang mana setiap hari rata-rata ada sekitar 14.000-an penumpang landing di bandara ini,” jelasnya.

Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang Hanik Khoiru Solikah, menilai perbaikan layanan dan fasilitas sangat diperlukan untuk mengajak masyarakat Semarang beralih menggunakan kendaraan umum. Halte yang ada saat ini, kata dia,  masih butuh penyempurnaan. Terutama halte-halte yang masih semipermanen perlu diubah menjadi permanen. ”Setelah pembahasan anggaran 2019 kita akan coba (anggarkan). Kebetulan kita sedang menggali potensi pendapatan kota Semarang demi pendapatan yang maksimal untuk pembangunan halte permanen ,” ujarnya. (sga/ton)