Multi Fungsi, Bikin Tampilan Lebih Garang

Roof Rack dan Roof Box

1814
SIAP TRAVELING : Mobil yang dilengkapi buzz rack siap mengangkut barang bawaan lebih banyak dan traveling bersama keluarga nyaman. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SIAP TRAVELING : Mobil yang dilengkapi buzz rack siap mengangkut barang bawaan lebih banyak dan traveling bersama keluarga nyaman. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM – BAGASI mobil terbatas, tapi ingin mengangkut barang lebih banyak saat melakuka traveling, tak perlu lagi khawatir. Dewasa ini, lagi ngetren bagasi tambahan yang dipasang di atas mobil, atau familiar disebut roof rack dan roof box. Bahkan, ada yang tak memfungsikannya untuk barang, tapi sekadar ingin mobil lebih garang saja.

Punggawa J-Auto Semarang, Aditua LS mengatakan ada tiga jenis roof rack di pasaran dengan kelebihan masing-masing, yakni roof box, buzz rack dan urban rack. Untuk roof box, bikin ruang bagasi mobil lebih lega, sedangkan barang yang diletakkan di atas mobil lebih aman dan terlindung dari panas dan hujan. “Kelebihan lainnya adalah desainnya futuristik dan barang bawaan aman. Namun kalau dipasang di mobil SUV, pengemudi harus tahu tinggi mobil saat akan melewati gerbang tol,” katanya.

Diakuinya, Lebaran 2018 ini, banyak permintaan masyarakat untuk memasang roof rack dengan jenis buzz rack dan urban rack, maupun roof box. Para pemudik membawa barang bawaan melebihi kapasitas bagasi mobil, sehingga penumpang di dalamnya merasa tidak nyaman karena ruang jadi sempit.

“Untuk roof ruck jenis buzz rack, lebih banyak diminati karena bahannya menggunakan besi dan memiliki cover universal berbahan parasit. Sementara urban rack dibuat dari bahan plastik,” ujarnya.

Meksi demikan, untuk memasang roof rack atau roof box tak sulit. Hanya saja, harus disesuaikan dengan mobil dan fungsi yang ada. Ia tidak memungkiri banyak mobil jenis city car seperti Avanza, Igniz, Agya, dan lainnya, dipasangi roof rack. Tujuannya bukan untuk membawa barang, namun membuat tampilan lebih gagah. “Mobil jenis city car memang terlihat manis jika dipasangi roof rack, walaupun jarang digunakan untuk membawa barang. Tapi lebih banyak dipergunakan untuk menambah tampilan mobil saja,” ucapnya.

Ia menjelaskan, untuk memasang roof rack ataupun roof box, harus mengetahui kapasitas kendaran dan beban maksimal barang yang diangkut. Jika tidak, tarikan mobil menjadi berat. Selain itu, aerodinamis mobil jadi terganggu jika menempatkan barang terlalu tinggi. “Dari segi pemasangan tidak terlalu sulit, hanya menginduk ke cross bar sebagai landasan. Jenis ini bisa dipasang secara universial di semua jenis mobil,” bebernya.

Berat maksimal masing-masing, lanjut Aditya, untuk roof box disarankan tidak melebihi 100 kilogram, sementara buzz rack dengan bahan besi maksimal 100 kilogram, sementara untuk urban rack dengan berbahan plastik dan desain modern tidak dianjurkan mengangkut berat lebih dari 70 kilogram. “Dari segi harga bervarisi, antara Rp 800 ribu sampai Rp 5 jutaan,” pungkasnya. (den/ida)