RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Tiga hari menjelang pencoblosan Pilgub Jateng, lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah. Hasilnya pasangan nomor urut satu Ganjar Pranowo-Taj Yasin masih unggul dan melampaui pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah di Pilgub Jateng 2018.

Pasangan Ganjar dan Yasin memperoleh elektabilitas sebesar 70,1 persen. Sementara Sudirman Said dan Ida Fauziyah mendapat 22,6 persen. Sedangkan 7,3 persen menjawab tidak tahu.

Sementara, untuk tingkat popularitas masing-masing calon, Ganjar masih menjadi calon yang menempati urutan teratas dengan 89 persen. Sementara urutan kedua dipegang oleh Sudirman Said dengan perolehan 50 persen; Ida Fauziah mendapat 33 persen serta Taj Yasin mendapat 31 persen.

Survei Saiful Mujani itu juga menunjukkan bahwa dukungan kepada partai politik terbesar diraih oleh PDIP. Rinciannya PDIP sebesar 38,3 persen; PKB sebesar 8,9 persen; PPP sebesar 6,3 persen; Golkar sebesar 5,4 persen dan Partai Demokrat sebesar 4,3 persen. Kemudian PAN sebesar 3,8 persen; Partai Gerindra sebesar 3,3 persen; Perindo sebesar 3 persen dan partai-partai lain di bawah 3 persen.

Survei yang dilakukan SMRC di tiga provinsi di Pulau Jawa, yakni Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Survei di Jateng dilakukan pada 23 Mei hingga 1 Juni 2018.  Jumlah sampel di masing-masing provinsi sebanyak 820 orang. Sampel dipilih dengan metode multistage random sampling dengan jumlah proporsional. Toleransi kesalahan (margin of error) survei di masing-masing provinsi diperkirakan 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

“Biarlah survei mengatakan seperti itu, tapi kami sangat optimistis pasangan Sudirman-Ida Fauziyah bisa memenangkan Pilgub Jateng,” kata Ketua Tim Pemenangan Sudirman-Ida Fauziyah, Abdul Wachid menyikapi survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Ia menambahkan, hasil survei tersebut tidak mempengaruhi kondisi di lapangan. Bahkan, Abdul Wachid mengklaim, ada beberapa lembaga survei independen yang hasilnya memenangkan Sudirman-Ida Fauziyah. Bahkan, hampir sebagian besar masyarakat Jateng menginginkan Sudirman-Ida bisa memimpin Jateng. “Itu kami ketahui saat tim dan relawan turun ke masyarakat. Sosok pak Dirman dinilai mampu dan layak memimpin Jateng,” tegasnya.

Sementara Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Wuryanto juga yakin pasangan Ganjar-Taj Yasin akan menang telak dalam Pilgub Jateng. “Prediksi tersebut berdasarkan hasil survei harian kami yang menunjukkan ada selisih suara yang besar antara Ganjar-Yasin dan Sudirman-Ida,” Bambang.

Berdasarkan survei harian PDI Perjuangan Jateng pada 19 Juni 2018, Ganjar-Yasin unggul 65,5 persen dibandingkan pasangan Sudirman-Ida yang meraih 22,8 persen suara. Survei ini dilakukan pada 700 responden melalui wawancara langsung lewat telepon dengan teknik multistage random sampling. Survei memiliki margin of error sebanyak 3,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (fth/ton)