Pemudik Via Bandara A Yani Naik 25 Persen

Di Atas Rata-Rata Nasional yang Naik 10 Persen

266
LAYANAN LENGKAP: Petugas Bandara saat melayani difabel membeli tiket pesawat di Bandara Internasional Ahmad Yani, Kota Semarang, Jawa Tengah (22/06/2018). Pelayanan untuk difabel Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang semakin lengkap. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
LAYANAN LENGKAP: Petugas Bandara saat melayani difabel membeli tiket pesawat di Bandara Internasional Ahmad Yani, Kota Semarang, Jawa Tengah (22/06/2018). Pelayanan untuk difabel Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang semakin lengkap. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG—Peningkatan arus mudik maupun arus balik pada lebaran 1439 H/ 2018 di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang mengalami kenaikan sebesar 25 persen dibanding tahun 2017 lalu. Rata-tata dalam sehari mencapai 19.500 penumpang dengan melibatkan 150 pesawat dalam sehari.

“Destinasi mudik tersebut meliputi Jawa dan sekitarnya, yakni Joglosemar dan Surabaya. Bahkan setelah melakukan monitoring di beberapa kota seperti Solo, Jogjakarta dan Semarang, puncaknya terjadi pada H+4 yang dalam sehari mencapai 19.500. Ini luar biasa,” kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Agus Santoso dalam kunjungan kerja di Semarang, Jumat (22/6) kemarin.

Padahal, kata Agus, peningkatan pemudik secara nasional rata-rata hanya 10 persen. Namun dari Semarang ini, kenaikannya lebih dari 25 persen dibanding tahun 2017 lalu. Dengan adanya perbaikan infrastruktur penerbangan, dampaknya sangan signifikan. “Peresmian terminal bandara sebelum Lebaran oleh Presiden RI Joko Widodo ini, sangat tepat. Jika tidak, betapa umpel-umpelannya terminal lama tersebut,” tambahnya.

Sedangkan untuk arus balik secara keseluruhan di 36 bandar udara di Indonesia mengalami kenaikan penumpang rata-rata 10 persen untuk mudik dan balik. Dari kenaikan 10 persen ini, total penumpang sebanyak 5.800.000 penumpang. Dan Kota Semarang paling tinggi kenaikannya. “Selain H+4 sebagai puncak arus balik, akan ada puncak arus balik kedua. Yakni sebelum masuk hari kerja pada Senin depan, sehingga puncaknya pada Minggu (24/6),” paparnya.

Plt General Manager PT Angkasa Pura Cabang Bandara Ahmad Yani, Indah Preastuty mengatakan pasca dilakukan pembangunan bandara baru Ahmad Yani Semarang, minat masyarakat menggunakan transportasi udara mengalami peningkatan sebesar 75 persen. Sedangkan untuk mengimbangi minat tersebut, pihak bandara menambah sejumlah fasilitas termasuk penambahan jadwal penerbangan maskapai. “Dengan diresmikannya Bandar Internasional Ahmad Yani oleh Presiden RI, tentunya menambah minat masyarakat untuk naik pesawat. Hal itu dibuktikan dengan tingginya pembelian tiket untuk pesawat pada lebaran ini,” katanya. (hid/ida)