RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda jalin kerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM – PTSP) melalui penandatanganan MoU, di Hotel Grasia, kemarin.

Kerjasama tersebut guna melindungi pengusaha mikro dan kecil dari kecelakaan kerja melalui program Jaminan Sosial.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Semarang Pemuda, Heri Purwanto mengatakan, pihaknya mencoba mengoptimalkan jaminan sosial. Sehingga semua pekerja di Kota Semarang dapat terlindungi. Salah satu upayanya dengan menggandeng Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

“Jadi perusahaan baru yang mau mengurus izin, bahkan tenaga kerja barunya juga dapat dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan dengan program programnya,” ujar Heri.

Penandatangan MoU tersebut juga dirangkai dengan rapat koordinasi dan evaluasi kerjasama yang telah dibangun sebelumnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan, termasuk juga evaluasinya. Tiap tahun pihaknya berkaca mengenai kinerja setahun sebelumnya, demi meningkatkan optimalisasi kedepan. Sehingga diharapkan perusahaan baru bisa sadar dari hati akan  pentingnya jaminan sosial tanpa ada paksaan dari pemerintah.

“Dari kerjasama setahun yang lalu, Maret 2017 sampai Juni 2018 ada 100 perusahaan yang mendaftar, target BPJS Ketenagakerjaan semua perusahaan yang mengurus perizinan bisa semuanya yang terdaftar, dan ini sebagai bahan evaluasi kita untuk meningkatkan kerjasama ini,” ujarnya. (dna/zal)