Liburan, Wisatawan Melonjak Signifikan

349
AWASI ANAK-ANAK : Sejumlah Polwan Polres Semarang sedang berpatroli dan berbincang dengan pengunjung The Fountain Waterpark. (DOK HUMAS POLRES SEMARANG)
AWASI ANAK-ANAK : Sejumlah Polwan Polres Semarang sedang berpatroli dan berbincang dengan pengunjung The Fountain Waterpark. (DOK HUMAS POLRES SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Libur lebaran, jumlah wisatawan di Kabupaten Semarang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Dewi Pramuningsih mengatakan jumlah kenaikan wisatawan terjadi di beberapa titik.

“Seperti di Gedongsongo, kenaikan mencapai 30 persen jika dibandingkan dengan 2017 dan Bukit Cinta juga mengalami kenaikan jumlah wisatawan,” ujar Dewi, Jumat (22/6). Peningkatan tersebutdisebabkan kedatangan pengunjung dari sekitaran Kabupaten Semarang.

Data Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang menunjukkan, saat hari H Lebaran hingga H+2 terdapat kenaikan pengunjung yang signifikan. Jumlah wisatawan Candi Gedongsong untuk hari H di 2017 mencapai 1.034, H+1 mencapai 3.448, dan H+2 2017 mencapai 4.552 pengunjung. Sementara itu di 2018 pada hari H jumlah pengunjung mencapai 1.504, H+1 mencapai 4.671, dan H+2 mencapai 8.840.

“Untuk wisatawan asing yang masuk ke Gedongsongo selama hari H hingga H+2 hanya 2 orang saja,” ujarnya.

Dijelaskan Dewi, faktor pendorong kenaikan wisatawan di komplek wisata Candi Gedongsongo dikarena adanya beberapa wahana milik swasta yang juga ikut menyemarakkan. Seperti taman bunga Chelosia dan Ayana yang dikelola swasta dan berdekatan dengan komplek candi Gedongsongo. “Ketika mereka ke dua destinasi wisata itu, selanjutnya pasti akan ke Gedongsongo karena jaraknya yang berdekatan,” tuturnya.

Kenaikan jumlah pengunjung juga terjadi di objek wisata Bukit Cinta. Data Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang menyebutkan di hari H pada 2017 jumlah pengunjung sebanyak 158 orang, H+1 sebanyal 596 orang, H+2 sebanyak 613 orang. Di hari H lebaran 2018 ini jumlah pengunjung meningkat hingga 176 orang. Sedangkan di H+1 lebaran 2018 jumlah pengunjung mencapai 610 orang, H+2 jumlah pengunjung mencapai 950 orang. “Naik karena Kampung Rawa tutup, sehingga wisatawan banyak yang menyerbu Bukit Cinta,” katanya.

Kepala UPTD Objek Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Rudi Bayangkara menambahkan meningkatnya jumlah wisatawan lebih di dominasi oleh wisatawan lokal. Hal itu dikarenakan difungsionalkan tol dari Semarang hingga Kartosuro pada arus mudik dan arus balik Lebaran. “Adanya tol justru pengunjung kita berkurang, karena tol yang sekarang yang difungsikan dari Semarang langsung Solo, tidak dikeluarkan Salatiga,” ujarnya.

Sementara itu, selama Liburan, jajaran Polwan Polres Semarang melakukan patroli ke sejumlah kawasan objek wisata di Kabupaten Semarang. “Karena pada hari libur sudah tentu banyak pengunjung dari luar ataupun masyarakat sekitar yang melepas kejenuhan dengan berkunjung ke wisata yang berada di wilayah Kabupaten Semarang” terang Kapolres Semarang AKBP Agus Nugroho melalui Kasat Binmas AKP Kristiyastuti

Tidak hanya memantau dan patroli saja, Polwan juga memberi imbauan kepada penjaga kolam renang dan pengunjung untuk terus memantau kolam renang ketika anak-anak sedang bermain di sekitarnya. “Dengan kehadiran polisi di tempat wisata, masyarakat merasa aman dan tenang, karena bisa mencegah niat orang untuk melakukan tindak kejahatan,” ujar Tyas. (ewb/ton)