RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang menjadwalkan distribusi logistik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah 2018 ke masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) mulai Senin (25/6) mendatang. Penjadwalan ini dilakukan dikarenakan pertimbangan letak TPS yang dekat dan mudah dijangkau.

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amran mengatakan, pihaknya telah menjadwalkan pengiriman logistik ke-220 Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kota Magelang yaitu H-2 sebelum pencoblosan. “Kami sengaja pengiriman logistik pada Senin (25/6) mendatang ke masing-masing PPS. Kemudian dari PPS mendistribusikan ke masing-masing TPS wilayahnya, Selasa (26/7),” tutur Basmar, Kamis (21/6).

Distribusi yang terbilang mepet sebelum hari H pencoblosan yaitu tanggal 27 Juni, sudah sesuai dengan perkiraan dan pertimbangan KPU. Basmar memastikan, waktu pendistribusian tersebut sudah lebih dari cukup.

“Kami pastikan cukup, terlebih Kota Magelang masing-masing wilayahnya cukup dekat. Jadi untuk distribusi 219 TPS dan satu TPS Reguler di Lapas 2A cukup waktunya,” kata Basmar.

Basmar menegaskan, saat logistik di masing-masing PPS di kelurahan-kelurahan akan dijaga oleh Satlinmas, kepolisian serta petugas PPS. Basmar juga memastikan 91.626 surat suara termasuk surat suara cadangan sebanyak 2,5 persen dari DPT sudah siap.

“Logistik sudah datang dari provinsi 11 Mei lalu. Setelah datang langsung kami sortir dan pelipatan surat suara. Setelah itu kami masukkan ke kotak suara dan disegel,” ungkap Basmar.

Basmar juga sudah meminta bantuan pengamanan baik saat distribusi logistik, pengamanan tempat PPS serta di TPS dan waktu pencoblosan. “Namun untuk jumlah personelnya, kami tidak tahu berapa yang dikirimkan,” tukas Basmar. (had/ton)