Perawatan Kendaraan Kembali Meningkat

778

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Pascamudik Lebaran, sejumlah bengkel kembali dipadati konsumen. Sebagian besar melakukan pengecekan kelaikan kendaraan usai digunakan perjalanan jauh.

Area Service Coordinator Astra Jawa Tengah dan DI Jogjakarta, David Christian mengatakan bahwa sebelum dan sesudah mudik, biasanya bengkel selalu dipenuhi oleh pelanggan. Peningkatannya bisa mencapai antara 15-20 persen. “Khusus untuk Astra Majapahit, saat ini per hari bisa mencapai rata-rata 75 hingga 100 unit kendaraan yang masuk ke dalam bengkel,” ujarnya, kemarin.

Sebelum Lebaran, lanjutnya, rata-rata para pelanggan melakukan perbaikan bilamana ada yang perlu diperbaiki serta perawatan. Di antaranya pengecekan mesin dan rem, karena akan digunakan untuk perjalanan jauh.

“Setelah mudik Lebaran, sebagian balik lagi untuk melakukan pengecekan ulang karena habis digunakan untuk bepergiaan jauh. Baik itu rem, mesin dan lain sebagainya. Apakah masih layak untuk digunakan dalam keseharian atau ada yang perlu dirawat,” ujarnya.

Regional Head Jateng–DIJ PT Astra International Tbk – Daihatsu, David Gunawan menambahkan bahwa sepanjang musim mudik, Grup Astra mengerahkan sebanyak 600 teknisi mobil dan 1.332 mekanik motor guna melayani masyarakat yang melakukan mudik Lebaran. Sebanyak 1.932 teknisi tersebut tersebar di pos dan bengkel siaga yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan higga Sulawesi. (dna/ida)