Neymar Pecah Telur, Brasil Bisa Perpanjang Napas di Rusia 2018

141

JawaPos.com – Brasil tak mau buang-buang waktu memasuki babak kedua. Sejumlah serangan langsung dilancarkan di 5 menit awal babak kedua. Kosta Rika benar-benar dipaksa hanya bermain di area sekitar kotak penalti mereka oleh skuad Selecao.

Peluang emas di laga ini pun langsung didapat Brasil. Bahkan dua peluang secara beruntun. Sundulan Gabriel Jesus sempat membuat napas suporter Kosta Rika terhenti. Beruntung, sundulan striker Manchester City ini hanya mengenai mistar gawang.

Bola rebound sempat membuat suasana di sekitar kotak penalti Los Ticos. Memberi peluang bagi Coutinho untuk melakukan tendangan. Sayang, bola yang sempat memantul hanya melintas tipis dengan tiang gawang.

piala dunia 2018
Brasil benar-benar dibuat kesulitan oleh Kosta Rika. (AFP)

Peluang terbaik Brasil kembali didapat pada menit 54. Kesalahan pemain Kosta Rika dalam melakukan backpass dimanfaatkan oleh Paulinho. Gelandang Barcelona ini pun mengirim umpan matang yang disambut tendangan keras oleh Neymar.

Keylor Navas tampil sebagai pahlawan. Sentuhan tipis jari tangannya membuat bola berhasil ditepis ke luar lapangan. Kiper Real Madrid ini kembali tampil maksimal beberapa menit kemudian. Tendangan keras Coutinho mampu diredamnya dengan baik. Belum ada gol hingga laga memasuki menit 60.

Kosta Rika mulai bisa bergerak ketika serangan Brasil sedikit mengendur melewati menit 60. Bahkan mereka sempat mendapatkan tendangan sudut. Pun menciptakan sejumlah serangan balik yang cukup merepotkan. Setidaknya menunjukkan bahwa Los Ticos tak hanya bermain bertahan di laga ini.

Menit 72, Neymar kembali mendapat peluang emas. Kesalahan bek Kosta Rika dalam menghalau bola membuat Neymar mempunyai ruang untuk melakukan tendangan. Bola hanya melintas tipis di tiang kiri gawang Navas.

Sebuah insiden di dalam kotak penalti Kosta Rika yang melibatkan Neymar membuat wasit harus menghentikan pertandingan sementara waktu pada menit 75. Karena dia harus melihat rekaman yang disediakan wasit VAR. Tak butuh waktu lama, wasit Bjorn Kuipers pun menganulir putusan yang sempat menyatakan ada pelanggaran yang dilakukan skuad Los Ticos.

Gagal mendapat penalti, Neymar pun akhirnya merasa frustrasi. Emosinya sempat tak terkendali saat wasit memutuskan hal yang berbeda dengan yang dipikirkannya. Kesal, Neymar pun membanting bola. Wasit pun langsung menghadiahinya kartu kuning pada menit 81.

Solid dan kokoh selama 90 menit, benteng Los Ticos akhirnya jebol di masa injury time babak kedua. Sebuah umpang lambung ke area kotak penalti Kosta Rika disambut dengan sundulan oleh Firmino. Bola sempat lepas dari kontrol Gabriel Jesus, dan disambut dengan sebuah tendangan keras mendatar dari Coutinho. Tite sampai berguling di atas rumput lapangan saking gembira melihat gol tersebut.

Ternyata bukan itu gol terakhir Brasil. Memasuki menit terakhir pertandingan, sebuah serangan cepat Brasil membuat pertahanan Kosta Rika kurang sigap. Douglas Costa pun mengirim umpan silang yang dimanfaatkan dengan maksimal Neymar melalui sentuhan kaki kirinya. Brasil pun meraih kemenangan pertamanya di Piala Dunia 2018.

Brasil 2-0 Kosta Rika
(Coutinho 90+1′, Neymar 90+7′)

Susunan pemain
Brasil (4-2-3-1): 1-Alisson; 22-Fagner, 2-Thiago Silva, 3-Miranda, 12-Marcelo; 5-Casemiro, 15-Paulinho (20-Firmino 68′); 19-Willian (7-Douglas Costa 46′), 11-Coutinho, 10-Neymar; 9-Gabriel Jesus (17-Fernandinho 90+2′)
Pelatih: Tite

Kosta Rika (5-4-1): 1-Keylor Navas; 16-Gamboa (15-Calvo 75′), 3-Gonzalez, 2-Acosta, 6-Duarte, 8-Oviedo; 5-Borges, 20-Guzman (17-Tejeda 83′), 10-Bryan Ruiz, 11-Venegas; 21-Urena (7-Bolanos 54′)
Pelatih: Oscar Ramirez

Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda)

(adw/JPC)

Silakan beri komentar.