Masuk, Langsung Kerja Lagi

340
PENGHARGAAN: Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyerahkan hadiah kepada pegawai Taman Kyai Langgeng yang masuk awal di hari pertama kerja. (IST)
PENGHARGAAN: Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyerahkan hadiah kepada pegawai Taman Kyai Langgeng yang masuk awal di hari pertama kerja. (IST)

RADARSEMARANG.COM, WONOSOBO – Para pegawai di lingkungan Pemkab Wonosobo sudah kembali masuk kantor, Kamis (21/6). Mereka harus langsung bekerja melayani masyarakat selepas libur panjang dalam rangka Idul Fitri. Sekitar 2.000 ASN mengikuti apel bersama di Alun-alun Wonosobo dan dilanjutkan halal bihalal dengan Bupati, Wabup, Sekda dan jajaran Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pendopo Kabupaten.

“Saya melihat hampir seluruh PNS hari ini masuk kerja dan semoga benar-benar tidak ada lagi yang meminta tambahan waktu libur, kecuali dengan alasan sangat kuat,” tutur Bupati Wonosobo Eko Purnomo.

Kepada para ASN, Eko juga berpesan agar setelah libur selama lebih dari sepekan, semangat untuk melayani masyarakat tak luntur. Pihaknya tak akan segan menindak pegawai yang indisipliner setelah mendapat cuti lebaran yang terbilang panjang kali ini. ASN yang ketahuan membolos tanpa alasan kuat di hari pertama masuk kerja, akan mendapatkan sanksi dari Badan Kepegawaian Daerah dan Inspektorat.

Terpisah, keberuntungan menghinggapi Margiyono dan Budi Prayitno, petugas kebersihan Perusahaan Daerah Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng (TKL) Kota Magelang di hari pertama masuk kerja. Margiyono mendapatkan hadiah lemari es dari Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito karena tercatat sebagai karyawan yang masuk paling awal. Sementara Budi mendapatkan hadiah televisi. Empat pegawai TKL lainnya juga mendapatkan hadiah berupa dispenser, kompor gas, magicom dan setrika.

“Hadiah ini biasa saja, kita nabung selama satu bulan dan menyisihkan dari gaji untuk membeli peralatan rumah tangga. Kemudian kita berikan sebagai reward kepada karyawan di jajaran Pemkot Magelang,” kata Sigit saat menggelar sidak hari pertama masuk kerja. Dalam sidak kemarin, dari 110 karyawan TKL, ada 12 orang yang tidak masuk. Terdiri dari 5 orang sedang dinas dalam, 6 orang libur dan 1 orang cuti.

Margiyono terkejut saat dipanggil untuk menerima hadiah. Dia mengaku kalau keberangkatan itu tidak untuk memburu hadiah. Namun, karena sampah yang ada di sekitar TKL sangat banyak.

“Biasanya saya berangkat sekitar pukul 07.00 WIB. Tapi hari ini (kemarin, Red), saya memang berangkat agak pagi, karena sampah yang harus saya bersihkan lebih banyak setelah libur Lebaran,” tuturnya. (ali/put/ton)