Bersin Saat Salat    

1177

Pertanyaan :

Assalamualaikum Pak Kiai Ahmad Izzuddin di Jawa Pos Radar Semarang yang saya hormati. Saya mau tanya, bolehkah mengucapkan Alhamdulillah atas bersin saat melakukan salat dan bolehkah membaca doa ketika sedang salat, padahal doa tersebut tidak diajarkan Rasul? Terimakasih. Wassalamualaikum Wr Wb.

Musyafak 085287834XXX di Ngaliyan

Jawaban :

Waalaikumussalam Warahmatullah, Bapak Musyafak yang saya hormati. Imam Muslim meriwayatkan melalui sahabat Ibnu Abbas bahwa Nabi SAW bersabda, “Aku dilarang membaca Alquran dalam keadaan rukuk atau sujud. Adapun rukuk, maka agungkanlah Allah, adapun sujud maka perbanyaklah berdoa. (karena ketika itu) wajar (besar peluang) untuk diperkenankan Allah.”

Ini berarti seseorang dapat saja berdoa ketika dia sujud. Di sisi lain, Rifa’at bi Rafi’ menceritakan bahwa dia salat berjamaah bersama Nabi SAW, lalu dia bersin, dia mengucapkan, “Alhamdulillah hamdan katsiiran thayyiban mubaarakan fiihi kamaa yuhibbu wa yardha.”

Setelah Nabi SAW selesai salat, beliau bertanya, “Siapa yang berbicara waktu salat?” Tidak seorang pun menjawab, sampai Nabi SAW bertanya tiga kali. Ketika itu, barulah Rafi’ mengaku. Rasulullah SAW lalu bersabda, “Demi Allah yang jiwaku berada dalam genggaman tangan-Nya, tiga puluh sekian malaikat berpacu untuk mengantarnya (ucapan itu) ke langit.”

Hadits ini diriwayatkan oleh An-Nasai dan At-Tirmidzi, dan ini yang dijadikan dasar oleh sementara ulama membolehkan mengucapkan doa atau pujian kepada Allah walaupun tidak diajarkan Rasulullah SAW, selama doa dan dzikir itu tidak bertentangan dengan apa yang beliau ajarkan.

Dengan demikian, mengucapkan Alhamdulillah dalam salat ketika telah bersin tidak membatalkan salat, apalagi terdapat anjuran untuk mengucapkannya bila bersin (bukan karena flu). Sekian jawaban dari saya, semoga ada manfaatnya dan barokah. Amiin. (*)