EKSOTIS: Pemandangan dari perbukitan Sri Gunung sangat menarik, ditambah aneka bunga yang berwarna-warni membaut mata semakin segar. (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
EKSOTIS: Pemandangan dari perbukitan Sri Gunung sangat menarik, ditambah aneka bunga yang berwarna-warni membaut mata semakin segar. (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Keberadaan objek wisata gardu Pandang Sri Gunung belum lama tapi sudah berhasil menarik animo masyarakat yang luar biasa. Objek wisata berwujud taman di puncak  bukit ini terletak di Desa Kedawung Kecamatan Banyuputih yang masuk wilayah PTPN IX Siluwok Subah Afdelling Kedondong, sehingga pembangunan dan pengelolaan dilaksanakan oleh pihak PTPN IX.

Objek Wisata Sri Gunung menawarkan pemandangan alam yang sangat luas karena berada di puncak bukit tanpa penghalang. Ke arah utara kita bisa melihat Laut Jawa dengan perahu-perahu nelayan yang sedang mencari ikan. Ke arah barat jika cuaca cerah terlihat Kota Batang yang jika ditarik garis lurus berjarak sekitar 20 km. Ke arah selatan sayup-sayup terlihat Kecamatan Limpung dan Bawang yang asri dan hijau dengan.

Sri Gunung sendiri juga tak kalah indah dengan tanaman bunga Jengger warna-wani memenuhi lokasi dengan tatanan yang apik. Gazebo  yang terpisah satu dan lainnya menjadi tempat istirahat yang nyaman. Yang suka selfie terdapat tempat favorit yaitu Jembatang Buntung yang terbuat dari besi kokoh dan Taman Cinta berbentuk hati serta Lorong yang terbuat dari ban bercat ngejreng. Sri Gunung terlihat memberikan suasana romantis dan syahdu.

Manajer PTPN IX Siluwok Subah Fakhrurrozi melalui Sinder Afdelling Kedondong, Juwari menjelaskan jika objek wisata ini ditemukan secara tidak sengaja. Diceritakan awalnya PTPN menebang pohon karet tua yang tidak produktif untuk diremajakan sekaligus membuat terasering baru. Saat berada di puncak pengelolakepikiran untuk meratakan tanah mumpung ada excavator dan akan menggunakan sebagai tempat rapat mandor sekaligus refreshing karena udaranya sejuk dan pemandangannya luas.

“Entah mendapat kabar dari mana banyak masyarakat yang juga ikut naik. Lama-lama jumlahnya tambah banyak. Saat staff Kantor Induk ikut datang mereka tergerak untuk menjadikan puncak Sri Gunung sebagai Obyak Wisata pemandangan,” jelasnya semangat.

Kepala Dinas Pariwisata Batang Wahyu Budi Santoso yang memberikan apresiasi penuh. Dengan biaya masuk Rp 4 ribu rupiah free parkir Sri Gunung mampu menyedot pengunjung sekitar 500 oarang per hari. Sedangkan untuk hari libur bisa mencapai 4 ribu orang lebih. “Termasuk pada libur Lebaran tahun ini jumlah pengunjung pasti naik pesat,” pungkasnya. (han/bas)