Kunjungan Wisman Terus Dipacu

180

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jawa Tengah mengalami sedikit peningkatan. Yaitu dari 2.020 kunjungan pada Maret lalu menjadi 2.042 kunjungan pada April.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, total 2.042 wisman tersebut masuk dari Bandara Ahmad Yani. Sedangkan dari Bandara Adi Soemarmo nol kunjungan, karena satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan dari Bandara Adi Soemarmo tidak beroperasi.

Jumlah wisman kunjungan terbanyak berasal dari warga negara kebangsaan Malaysia. Yaitu 964 kunjungan, disusul Singapura 350 kunjungan dan India sebanyak 113 kunjungan.

Tingkat penghunian kamar hotel berbintang juga mengalami kenaikan. Yaitu tercatat sebesar 46,9 persen atau meningkat 3,51 poin dibanding bulan sebelumnya. Dengan TPK tertinggi terjadi pada hotel berbintang tiga. Sedangkan untuk rata-rata lama menginap, tercatat sebesar 1,35 malam, turun 0,05 poin dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 1,4 malam.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah mengatakan, untuk perbandingan dengan bulan sebelumnya memang meningkat. Namun bila dilihat secara keseluruhan, dari Januari – April tahun ini dengan periode yang sama tahun sebelumnya sedikit mengalami penurunan. “Penyebabnya sendiri beragam, karena tujuan wisman datang ke suatu daerah juga beragam. Dari berwisata hingga urusan bisnis,” ujarnya.

Namun, hal ini menjadi tantangan, bagaimana meningkatkan jumlah kunjungan wisman. Karena bila tren kunjungan semakin meningkat, maka juga berdampak para pertumbuhan tingkat hunian dan lama menginap. “Pada akhirnya akan mampu mendorong perekonomian daerah setempat,” ujarnya. (dna/ida)