Targetkan Magelang Bebas Kekerasan Anak

198
Windarti Agustina (DOK RADAR KEDU)
Windarti Agustina (DOK RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Pemkot Magelang menargetkan Kota Magelang bebas dari kasus kekerasan terhadap anak. Hingga sekarang, pemkot gencar mengampanyekan gerakan keluarga ramah anak.

Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina mengatakan, saat ini sudah ada 192 rukun warga (RW) yang dicanangkan sebagai RW menuju ramah anak. Ia juga menargetkan sebanyak 1.026 rukun tetangga (RT) dicanangkan sebagai RT menuju ramah anak. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan merupakan implementasi kebijakan Kota Layak Anak (KLA).

“Setelah ini, Kota Magelang akan mencanangkan gerakan serentak keluarga ramah anak,” tutur Windarti.

Ia mengungkapkan, dengan mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat, lembaga terkait dan tokoh masyarakat, maka target tersebut akan tercapai. Kemudian dikuatkan dengan beberapa payung hukum terkait perlindungan anak.

“Antara lain, peraturan daerah (perda) trafficking, perda penanganan kekerasan anak, perda perlindungan anak.Termasuk beberapa peraturan walikota (perwal) dan peraturan lain yang masih dalam proses. Peraturan tersebut terintegrasi secara holistik integratif, serta melibatkan seluruh pihak terkait, termasuk anak-anak,” bebernya.

Menurutnya, hal itu untuk mengakomodasi dinamika pembangunan kesejahteraan dan perlidungan terhadap anak. Di sisi lain, merespon cepat adanya berbagai permasalahan terkait pemenuhan hak anak, perlindungan dan partisipasi anak, secara terintegrasi, efektif, dan efisien. (put/ton)