Ajak Seniman Tari nge Vlog

239

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Perkembangan media sosial berbasis internet terus berlangsung, salah satunya adalah Video Blog (Vlog) yang kini menjadi media efektif untuk menyebarkan berbagai hal tak terkecuali kesenian. Seperti Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang menggagas pelatihan produksi vlog bagi sanggar tari, beberapa waktu lalu.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Pendampingan Kreativitas Produksi Vlog Bagi Sanggar Tari di Kota Semarang, Khafiidz Hastuti mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut agar sanggar tari mampu melakukan perencanaan, pembuatan, publikasi, dan perawatan konten vlog untuk mendukung pengembangan usahanya. Menurutnya penggunaan vlog sebagai sarana publikasi pada era teknologi sangatlah penting.

“Kami melalui kegiatan ini terus melakukan pendampingan agar sanggar tari di Kota Semarang seperti Sanggar Kesenian Lindu Panon Semarang, Sanggar Antika Budaya dan Kareista Balamuseum mampu berkompetisi dalam industri kreatif online,” ujarnya.

Tak hanya diberikan pemahaman pentingnya vlog, para mitra diberikan pembelajaran terkait pengelolaan dan promosi kanal Vlog dalam situs Youtube, agar mitra dapat merancang strategi untuk meningkatkan popularitas kanal  vlog-nya.

“Kami juga ajarkan pembekalan pada mitra untuk meningkatkan kemampuan dalam menggali dan mengembangkan ide cerita, serta menghasilkan visualisasi Vlog yang sesuai standar fotografi dan sinematografi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua dari Sanggar Kesenian Lindu Panon Semarang, Eny, Haryanti, mengungkapkan rasa gembiranya mendapatkan pelatihan mengenai kreativitas produksi vlog. Menurutnya pelatihan tersebut sangat penting karena dapat mampu melestarikan sanggar tari agar tetap eksis di zaman yang serba teknologi.

“Selama ini memang kami telah menggunakan media sosial sepeti vlog, namun belum digunakan secara maksimal dan masih sedikit pengunjung yang menonton video kami,” tutupnya.

Pelatihan tersebut diselenggarakan di Museum Ronggowarsito Semarang yang diikuti sekitar 50 peserta dari empat sanggar tari yakni Sanggar Kesenian Lindu Panon Semarang, Sanggar Antika Budaya, dan Kareista Balamuseum. Selain itu, diikuti juga dua komunitas dari Udinus yakni Komunitas tari Udinus serta Komunitas E-Gamelan Udinus. Kegiatan tersebut diberi tajuk Kreativitas Produksi Vlog Bagi Sanggar Tari di Kota Semarang. (tsa/zal)