Stadion Luzhniki Penuh Musik di Pembukaan Piala Dunia 2018

139

JawaPos.com – Siapa pun yang bilang bahwa dunia sepak bola dengan entertainment itu tidak terkait, dia sedang mengingkari kenyataan. Buktinya, pembukaan Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6) malam WIB supermeriah. Sangat fun berkat unsur hiburan yang kental.

Acara yang hanya berlangsung selama 30 menit itu penuh musik dari para performer top. Semuanya asyik buat dansa. Bintang utamanya tentu Robbie Williams, yang membawakan sejumlah single favorit fans. Legenda sepak bola Brasil Ronaldo sempat muncul mengiringi penampilannya. Superseru layaknya party.

“Aku senang banget dan excited kembali ke Rusia untuk penampilan yang unik ini,” ungkap Williams sebagaimana dikutip The Telegraph. “Sudah begitu, banyak hal yang kulakukan sepanjang karir. Tapi, membuka Piala Dunia di hadapan 80 ribu fans sepak bola di stadion dan jutaan lainnya di seluruh dunia adalah impian masa kanak-kanak yang jadi nyata,” paparnya.

Piala Dunia 2018, Opening Ceremony, Acara Pembukaan, Stadion Luzhniki, Robbie Williams
Penampilan eks pentolan Tke That tersebut memukau penonton (AFP)

Mantan frontman boyband Take That tersebut langsung menggebrak opening dengan Let Me Entertain You, single dari album debutnya, Life Thru A Lens yang dirilis pada 1997. Kemudian disusul dengan Feel, yang sukses mengajak puluhan ribu audiens yang memadati Stadion Luzhniki sing along.

Penampilannya dilanjutkan dengan single yang tak kalah membawa nuansa nostalgia, Angels (juga diambil dari album Life Thru A Lens). Kali ini, dia ditemani perempuan spesial. Yakni penyanyi opera populer Rusia, Aida Garifullina. Musisi 30 tahun itu datang naik sebuah kereta berbentuk burung phoenix berwarna merah dan emas. Angels yang kental bernuansa classic rock jadi punya sentuhan grande berkat lantunan suara sopran Garifullina.

Yang bikin opening ceremony makin spesial, panitia berusaha memanjakan banyak kalangan. Tak hanya penggemar musik pop dan latin yang dihibur oleh para performer, tapi juga pencinta musik klasik.

Bagaimana tidak, dalam event yang tidak lebih dari 15 menit itu, porsi untuk musisi klasik cukup banyak. Garifullina bukan satu-satunya penyanyi klasik yang tampil. Tapi juga pianis Denis Matsuev, bintang opera Anna Netrebko, Yusif Eivazov, Ildar Abdrazakov, serta Albina Shagimuratova.

Tampil pula anggota The Three Tenors, Placido Domingo, yang bersama Luciano Pavarotti dan Jose Carreras pernah membuka Piala Dunia 1990 di Roma, Italia. Kali ini dia ditemani penyanyi tenor Juan Diego Florez. Namun, mereka tidak tampil di panggung. Melainkan dalam video montase yang diputar sebelum opening ceremony.

Piala Dunia 2018, Opening Ceremony, Acara Pembukaan, Stadion Luzhniki, Robbie Williams
Sejumlah penyanyi juga turut memeriahkan pembukaan Piala Dunia 2018 (AFP)

Banyak ya? Wajar sih, mengingat Rusia adalah salah satu kiblat opera, di samping Italia. “Menarik rasanya kalau event olahraga dibuka oleh bintang-bintang opera. Sebab, musik klasik adalah kode universal yang dipahami seluruh warga dunia,” jelas pihak penyelenggara di situs resminya.

Ketika party yang full music tersebut berakhir, dimulailah pesta sesungguhnya. Piala Dunia 2018 resmi dibuka. Diawali dengan laga tuan rumah Rusia melawan Arab Saudi tadi malam. Dalam sambutannya yang sangat pendek, Presiden FIFA Gianni Infantino menyapa seluruh stadion dengan bahasa Rusia dan Arab sekaligus.

“Hari ini, dan selama sebulan ke depan, sepak bola akan menaklukkan Rusia. Dan dari situ, sepak bola akan menaklukkan dunia,” kata Infantino. Enjoy!

Piala Dunia 2018 dalam Angka
1 juta
Jumlah suara yang masuk dari warga Rusia ketika memilih nama maskot. Zabivaka yang menjadi pemenangnya. Maskot itu berbentuk serigala.

3 miliar
Estimasi jumlah penonton televisi seluruh dunia yang menyaksikan Piala Dunia 2018. Jumlah itu mencapai tiga kali lipat daripada saat Piala Dunia 2014.

9,75 miliar
Dalam pound sterling (GBP), estimasi biaya yang dikeluarkan Rusia untuk menggelar turnamen Piala Dunia. Menjadikan tahun ini sebagai ajang termahal.

800 hektare
Total luas area yang dibangun dan direnovasi di 11 kota host Piala Dunia 2018. Baik dalam bentuk stadion, parkir, maupun taman kota.

1.800 mil
Jarak antara Kaliningrad sebagai kota host paling barat dan Ekaterinburg yang notabene kota penyelenggara paling ujung timur dalam mil. Atau 2.896,8 kilometer.

30.000
Jumlah sukarelawan yang ditugaskan dalam turnamen ini.

(ren/c17/na)

Silakan beri komentar.