Band Pop Rock pun Melow Saat Ramadan dan Lebaran

221

JawaPos.com – Band pop rock, RIF memiliki ritual sendiri saat merayakan hari raya Idul Fitri. Setelah berkunjung silaturahmi pada keluarga masing-masing, biasanya mereka akan berkunjung ke rumah anggota band lainnya.

Halal bi halal sudah pasti, kita kan dari masing-masing (personel) sudah punya keluarga besar. Dari awalnya cuma berlima, sekarang udah ada anak, malah Ovy udah punya cucu. Jadi, biasanya habis dari keluarga besar kita silaturahmi (ke anggota Rif lainnya),” kata vokalis band, Andy yang ditemui usai manggung di Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Telah melakukan aktivitas band bersama sejak 1992, membuat mereka memaknai puasa dan lebaran lebih dalam. Masing-masing personel akhirnya memahami apa yang dilakukan orang tua mereka dahulu karena sekarang mereka telah merasakannya saat menjadi orang tua.


/rif – Aku Ingin
(YouTube/Sony Music Entertainment Indonesia)

“Ya mungkin sama seperti ngeliat anak kita sekarang, (kalau dulu) mungkin dari sisi ketahanan godaan aja. Puasa kita berkegiatan sama nahan makan, haus, hawa nafsu dan lain-lain, ya kita dulu juga begitu. Kalau sekarang beda ya,” kata Andy.

Sementara itu, menurut sang gitaris, Ovy momen yang paling dikenang dan dirindukannya saat bulan Ramadan adalah aktivitas sehabis sahur.

“Biasanya abis sahur kita main sepedaan atau apa, terus jam 8 (pagi) udah haus,” sambung Ovy.

“Ya kerinduan-kerinduan suasana seperti itu, puasa itu banyak kegiatan menyenangkan, malamnya abis tarawihan misal, habis (solat) tarawih main dulu sama teman-teman, ngumpul, main. Sekarang udah pada tua ya begitu (di rumah saja),” timpal Andy.

Ovy pun kini menyadari alasan orang tuanya dulu kerap menyuruhnya pulang cepat saat Ramadan. Menurutnya, hal tersebut pun kini terjadi padanya di saat tua, yaitu meminta anaknya pulang cepat karena ingin sering berkumpul dan berbuka puasa bersama di rumah.

“Mungkin kita sekarang lebih ngerti kenapa orang tua kita dulu, suka ngumpulin kita pas puasa. Kita tuh sekarang juga ngerasain itu. Kita juga pengen anak-anak kita tuh pada ngumpul, buka puasa bareng,” jelas Ovy.

Momen Lebaran pun paling dinanti mereka. Selain merupakan hari kemenangan, lebaran adalah momen sungkeman dan silaturahim ke saudara dan tetangga.

“Lebaran juga, padahal rumah saya di sini, mertua saya di sini (dekat) tapi euforia lebaran-nya itu, silaturahim ke tetangga-tetangga,” kata Andy antusias di penghujung puasa yang tinggal beberapa hari lagi.

Band yang beranggotakan oleh Andy, Jikun, Maggy, Ovy, dan Teddy itu pun vakum manggung selama bulan Ramadan. Menurut Andy Rif, bulan Ramadan adalah saat di mana semua personelnya itu fokus untuk beribadah bersama keluarga.

“Rif sibuk manggung (off air) tetep, tapi puasa break dulu. Bulan puasa biasanya fokus ibadah dengan keluarga masing-masing,” lanjut Andy.

Bahkan, band yang hits dengan single Loe Toe Ye itu mensakralkan hari Lebaran. Sejak 1992, diakui para personelnya, band Rif tak pernah ambil job untuk manggung di hari raya Idul Fitri.

“Nggak, daridulu nggak (manggung pas lebaran), semua punya keluarga masing-masing. Pada pulang ke pangkuan orang tua,” kata Andy.

“Selalu seperti itu, dari dulu kita belum pernah sekalipun manggung di hari raya,” imbuh Ovy.

Namun, lebaran tahun ini sedikit membuat murung Ovy. Pasalnya, mantan suami Titi DJ itu ditinggal mudik oleh anak, mantu, dan cucunya ke rumah besan di Semarang.

“Tapi saya tahun ini lebarannya agak sedih nggak sama cucu, karena jatahnya anak sama mantu ke Semarang,” tandas Ovy.

video

(yln/JPC)

Silakan beri komentar.