Pungli Parkir Kena Pasal Tipiring

168
Ilustrasi: JawaPos.com
Ilustrasi: JawaPos.com

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Satu kasus pungutan liar (pungli) berhasil dituntaskan Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli (Satgas Saber Pungli) Kota Magelang. Pungli yang berhasil dituntaskan adalah adanya pungutan parkir di sekitar RSUD Tidar Kota Magelang.

Anggota Satgas Tim Saber Pungli Kota Magelang yang juga Kasat Reskrim Polres Magelang Kota, AKP Rinto Sutopo menuturkan, pihaknya berhasil menangkap dan menuntaskan kasus pungli parkir liar di lingkungan RSUD Tidar, tepatnya di jalur lambat Jalan Tidar Februari lalu. “Kita menetapkan tiga tersangka dari kalangan masyarakat biasa. Parkir liar tersebut dinilai meresahkan masyarakat dan juga memberikan citra yang buruk karena nantinya muncul kesan pembiaran,” jelas Rinto. Ketiga tersangka tersebut dikenakan tindak pidana ringan (tipiring) dengan ancaman pidana kurungan tiga bulan.

Sementara itu, Perusahaan Daerah Objek Wisata (PDOW) Taman Kyai Langgeng (TKL) Kota Magelang telah mengumpulkan sejumlah juru parkir nonresmi yang disinyalir dapat menarik tarif melebihi batas ketentuan saat Lebaran. “Intinya kami sosialisasi terkait tarif parkir resmi sesuai aturan yang ada,” kata Kabag Marketing IT dan Humas TKL, Budi Mardijanto. Tarif resmi untuk parkir sepeda motor Rp 2.000, mobil Rp 5.000 dan bus Rp 10.000.  (had/ton)

Silakan beri komentar.