Plt Gubernur di Simpang Lima, Sekda di MAJT

281
ILUSTRASI: JAWAPOS.COM
ILUSTRASI: JAWAPOS.COM

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi, dijadwalkan akan melaksanakan salat Idul Fitri di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Jumat (15/6) pagi ini. Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP direncanakan mengikuti salat id di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Pelaksana Tugas Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jawa Tengah, Herru Setiadhie SH MSi, menyampaikan, kendati Plt Gubernur Heru Sudjatmoko melaksanakan salat id di Simpang Lima, namun sebelumnya, Rabu (13/6), Plt Gubernur akan menyerahkan zakat fitrah di MAJT. Sebaliknya, Sekda Sri Puryono akan memberikan zakat fitrah di Masjid Raya Baiturahman Semarang, Kamis (14/6) ini. Zakat tersebut diberikan langsung kepada masyarakat yang berhak menerima.

“Untuk waktu pelaksanaan salat id, tergantung dari keputusan hasil sidang isbat penentuan 1 Syawal 1439 H yang diselenggarakan Kementerian Agama RI,” katanya.

Ditambahkan, berbeda dengan tahun sebelumnya, pada lebaran 2018 ini silaturahmi dan halal bihalal dengan jajaran Forkopimda se-Jawa Tengah, bupati/ wali kota, Kepala SKPD, maupun masyarakat tidak diselenggarakan pada hari pertama masuk kerja atau Kamis (21/6) mendatang. Silaturahmi dan halal bihalal dengan gubernur akan dilangsungkan pada Senin (25/6) di Gedung A Lantai 1 Kantor Gubernur Jateng.

“Hal itu untuk memberikan kesempatan kepada Forkopimda, bupati/ wali kota, Kepala SKPD, bersilaturahmi dan halal bihalal dengan jajarannya, termasuk dengan stakeholder mereka,” terang Herru.

Agar tidak terjadi penumpukan, katanya, halal bihalal akan dibagi dalam beberapa sesi. Pada pagi hari, tepatnya setelah apel, akan diberikan kesempatan halal bihalal dengan karyawan Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, dan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) yang berkantor di lingkup Kantor Gubernur. Selanjutnya, mulai pukul 08.30 dibuka kesempatan silaturahmi dan halal bihalal dengan jajaran SKPD, BUMN, BUMD, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Jawa Tengah.

Kemudian, mulai pukul 10.00, silaturahmi dan halal bihalal dengan bupati/ wali kota se-Jateng, pimpinan organisasi masyarakat, pimpinan organisasi keagamaan, tokoh masyarakat, tokoh agama, Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI), dan masyarakat.

“Bagi masyarakat yang hendak bersilaturahmi, silakan datang ke Kantor Gubernur. Kami terbuka untuk masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, rangkaian kegiatan Ramadan 1439 H di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) ditutup dengan Khataman Alquran dan Khotmil Quran, Rabu (13/6) tadi malam. Dalam Khotmil quran tersebut akan dihidangkan 10 tumpeng bagi seluruh jamaah salah tarawih di MAJT.

Pelaksanaan tradisi khotmil quran pada malam tanggal 29 ramadan tersebut dipimpin oleh 3 orang imam Masjid Agung Jawa Tengah, yakni KH Ulil Abshor AH, KH Zaenuri Ahmad AH, dan KH Ahmad Thoha AH. Kegiatan lainnya yang akan menutup ramadan tahun ini adalah pengamatan wujudul hilal yang akan dilakukan tim dari Kemenag Jawa Tengah di Menara Al Husna dan Tim Hisab Rukyat Masjid Agung Jawa Tengah pada Kamis (14/6) sore ini pukul 16.00.

Pengamatan hilal ini menandai berakhirnya puasa tahun ini. Diperkirakan ketinggian hilal akan terlihat secara kasat mata jika tidak tertutup mendung. Karena secara hakiki tinggi hilal sudah mencapai 8 derajat keterangan yang disampaikan oleh Koordinator Tim Hisab Rukyah Masjid Agung Jawa Tengah Dr KH Ahmad Izzuddin MAg.

Sedangkan untuk salat idul fitri besok, MAJT membuka 3 akses masuk bagi para jamaah. Yakni, melalui Jalan Jolotundo, Jalan Arteri Soekarno Hatta dan Jalan Gajah Raya. Salat idul fitri besok MAJT mengundang Prof Dr Din Syamsuddin yang merupakan Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia untuk memberikan khotbah, sedangkan imam KH Ulil Abshor Al Hafidz. (ida/aro)