Deretan Pemain Muslim Yang Lebaran di Rusia

250

JawaPos.com – Piala Dunia 2018 resmi digelar. Pesta pembukaan sekaligus laga pertama akan dilangsungkan di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6) malam WIB.

Bagi sejumlah pemain, Piala Dunia tahun ini terasa sangat berbeda. Khususnya bagi mereka yang beragama Muslim, Piala Dunia digelar bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Namun demi profesionalitas, pemain-pemain Muslim harus melupakan sejenak berlebaran dengan keluarganya. Mereka harus membela negara masing-masing di turnamen akbar empat tahunan ini.

Berikut daftar pemain bintang dari tiap grup yang merayakan Hari Raya Idul Fitri di Rusia:

1. Mohamed Salah

Piala Dunia 2018, World Cup 2018, Lebaran, Idul Fitri 1439 H, Timnas Mesir, Mohamed Salah
Winger Timnas Mesir, Mohamed Salah (Egypt Today)

Pemain Liverpool ini dikenal serius jika sudah berbicara soal urusan agama. Mohamed Salah dipandang sebagai Muslim yang taat dan itu ia tunjukkan dengan gaya bersujudnya saat melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang lawan.

Namun tahun ini Salah tak bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan keluarganya. Ia harus memperkuat Mesir yang tergabung di babak penyisihan grup A.

2. Medhi Benatia

Piala Dunia 2018, World Cup 2018, Lebaran, Idul Fitri 1439 H,
Bek Timnas Marko, Medhi Benatia (Hindustan Times)

Dari grup B, ada Medhi Benatia. Bek tangguh Juventus ini dipercaya mengawal tembok pertahanan Timnas Maroko.

Benatia tidak sendiri. Mayoritas pemain Maroko memiliki keyakinan yang sama dengannya. Namun tahun ini mereka harus merayakan Idul Fitri jauh dari rumah masing-masing.

3. Paul Pogba

Piala Dunia 2018, World Cup 2018, Lebaran, Idul Fitri 1439 H,
Gelandang Timnas Prancis, Paul Pogba (Daily Star)

Timnas Prancis diperkuat sejumlah pemain yang beragama Muslim. Namum satu yang paling menyorot perhatian tentu sang gelandang tangguh nan cerdik, Paul Labile Pogba.

Beberapa hari jelang Piala Dunia, Pogba sempat beribadah umrah ke Tanah Suci Makkah. Hal itu dilakukannya setelah kompetisi musim 2017-2018 selesai digulirkan.

4. Ahmed Musa

Piala Dunia 2018, World Cup 2018, Lebaran, Idul Fitri 1439 H,
Penyerang Timnas Nigeria, Ahmed Musa (WAFU Cup of Nations)

Cepat dan tidak kenal menyerah, itulah tipikal permainan Ahmed Musa. Bermodalkan bakatnya tersebut, eks Leicester City ini akhirnya dipanggil Timnas Nigeria untuk bermain di Piala Dunia 2018.

Baginya, ini jadi kesempatan perdana main di ajang sekelas Piala Dunia. Namun sebagai gantinya, ia tak bisa menikmati lebaran dengan keluarga besarnya.

5. Xherdan Shaqiri

Piala Dunia 2018, World Cup 2018, Lebaran, Idul Fitri 1439 H,
Gelandang Timnas Swiss, Xherdan Shaqiri (havehalalwilltravel)

Di Timnas Swiss, ada beberapa pemain yang juga beragama Muslim. Salah satunya adalah Xherdan Shaqiri yang konsisten memperkuat negaranya sejak 2007.

Shaqiri juga dikenal sebagai Muslim yang taat. Itu terlihat dengan kebiasaannya berdoa sebelum memulai pertandingan.

6. Mesut Oezil

Piala Dunia 2018, World Cup 2018, Lebaran, Idul Fitri 1439 H,
Gelandang Timnas Jerman, Mesut Oezil (havehalalwilltravel)

Mesut Ozil bisa mewakili pemain-pemain Islam yang ada di skuad Timnas Jerman. Sebagai seorang Muslim, ia dikenal fasih saat membaca kitab suci Al Quran. Hal itu diketahui lewat pernyataan Cristiano Ronaldo beberapa tahun lalu yang mengaku tersentuh ketika Ozil sedang mengaji.

Namun sayang, Ozil tak bisa mengawali Hari Raya Idul Fitri di negaranya dan bersama keluarganya. Gelandang berdarah Turki tersebut jadi andalan Jerman di Piala Dunia 2018.

7. Marouane Fellaini

Piala Dunia 2018, World Cup 2018, Lebaran, Idul Fitri 1439 H,
Gelandang Timnas Belgia, Marouane Fellaini (havehalalwilltravel)

Sangat mudah melihat Marouane Fellaini di antara 22 pemain yang berlaga di atas lapangan hijau. Ini terjadi karena gaya rambut sang pemain yang berbeda dengan rekan-rekan atau lawan-lawannya.

Jarang yang tahu kalau Fellaini beragama Muslim. Di skuad Belgia untuk Piala Dunia 2018, Fellaini akan menjalani Hari Raya Idul Fitri bersama Adnan Januzaj, Moussa Dembele, dan Nacer Chadli.

8. Sadio Mane

Piala Dunia 2018, World Cup 2018, Lebaran, Idul Fitri 1439 H,
Penyerang Timnas Senegal, Sadio Mane (futbol.com.uy)

Rekan Mo Salah di Liverpool ini juga sangat taat dalam keyakinannya. Sadio Mane selalu melakukan selebrasi dengan bersujud sebagai ungkapan syukur kepada Sang Pencipta.

Tahun ini Mane juga harus merayakan Idul Fitri jauh dari kampung halamannya. Namun ini terbayar sebab ia bakal bermain membela Senegal di ajang sebesar Piala Dunia.

(bep/JPC)

Silakan beri komentar.