Wasit Argentina Pimpin Laga Perdana Piala Dunia 2018

134

JawaPos.com – Nestor Pitana telah ditetapkan sebagai wasit untuk pertandingan pembuka Piala Dunia 2018, Kamis (14/6) malam. Wasit asal Argentina tersebut akan memimpin pertandingan antara tuan rumah Rusia melawan Arab Saudi.

FIFA mengumumkan Pitana sebagai wasit pada laga yang digelar di Stadion Luzhniki, Moskow tersebut. Dua rekan senegaranya, Juan Pablo Bellati dan Hernan Maidana akan menjadi asisten wasit. Sementara Sandro Ricci dari Brasil menjadi wasit keempat.

FIFA juga menunjuk petugas untuk mengawasi Video Assistant Referee (VAR). Mereka adalah Massimiliano Irrati dari Italia (VAR), Mauro Vigliano dari Argentina (AVAR 1), Carlos Astroza dari Cile (AVAR2), dan Daniele Orsato dari Italia (AVAR3).

Sekadar catatan, Pitana memulai kariernya sebagai wasit sejak 2007 silam. Pada saat itu ia bertugas di kompetisi lokal Argentina. Ia memimpin laga internasional pertamanya pada 2010. Kemudian nama Pitara terus berkibar hingga menjadi salah satu wasit terbaik dari Amerika Selatan.

Ketegasannya membuat Pitana terpilih sebagai salah satu wasit yang memimpin pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil. Ia memimpin empat laga pada saat itu. Termasuk partai perempat final antara Jerman dan Perancis.

Setelah Piala Dunia 2014, Pitana ditunjuk untuk memimpin pertandingan sepak bola pada ajang Olimpiade 2016, serta Piala Konfederasi 2017.

Nestor Pitana menjadi wasit Argentina kedua yang berpartisipasi pada dua Piala Dunia. Sebelumnya terdapat nama Norberto Coerezza yang memimpin laga-laga pada Piala Dunia 1970 dan 1978.

(saf/JPC)

Silakan beri komentar.