Terungkap, Ini Alasan Ombudsman Tertarik Inovasi Disdukcapil

114

Pantaua dari tim tersebut disambut Kepala Disdukcapil Kudus Hendro Martoyo dan Sekdin Putut Winarno. Mereka berdiskusi sekitar satu jam.

Ketua Ombudsman RI Jawa Tengah Achim Dartasim mengatakan, kegiatan ini untuk melakukan pemantauan terhadap pelayanan kepada masyarakat. ”Cuti bersama ini Disdukcapil di Jawa Tengah masih melakukan pelayanan, termasuk di Kudus. Hal ini dikarenakan menjadi jujukan pemudik, pas pulang kampung sekalian urus kependudukan, khusus e-KTP,” ungkapnya.

Achim menegaskan, jujukan pertama memang Kudus. Dia datang tidak mencari untuk kesalahan, tapi membantu mencarikan solusi supaya nanti disampaikan ke kementerian pusat.

Dari pantauannya itu, dia tertarik dengan inovasi yang dilakukan Disdukcapil Kudus untuk mempermudah pelayanan. ”Disdukcapil Kudus juga sering untuk studi banding dari kota lainnya karena memberikan pelayanan terbaik di Jawa Tengah. Apalagi, ditunjang dengan website pengurusan kependudukan dengan cepat dan ada delivery,” ungkapnya.

Program Disdukcapil Kudus memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi bersusah payah dalam mengurus e-KTP maupun surat lainnya. Misalkan ada persoalan, rata-rata sumbernya dari pusat seperti blangko fisik E KTP kosong atau tinta habis.

Kunjungannya kali ini juga untuk menampung kendala apa saja yang dihadapi Disdukcapil Kudus. Khususnya mengenai material pembuatan e-KTP.

Kepala Disdukcapil Kudus Hendro Martoyo mengatakan, masa cuti bersama masih tetap buka seperti biasa. Kecuali libur Lebaran Jumat (15/6) hingga Minggu (17/6), setelah itu buka kembali kembali hingga pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) pada Rabu (27/6) mendatang.

”Petugas pelayanan tidak ada uang lembur. Mereka juga sudah memaklumi karena bekerja melayani publik. Pelayanan setelah Lebaran kembali normal pukul 08.00 hingga pukul 15.00,” ungkapnya.

(ks/san/lil/top/JPR)

Silakan beri komentar.